Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 76, Satgas Pamtas Sektor Timur Ajak Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih

GETNEWS.ID, Belu NTT – Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan dengan berbagai kegiatan lomba yang meriah mulai dari lomba panjat pinang, lari karung, lomba makan krupuk, hingga upacara militer di Istana Merdeka.

Terkait dengan kondisi pandemi corona virus desease (Covid-19), jajaran pos Satgas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Sektor Timur mengajak masyarakat di sepanjang wilayah perbatasan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021 dengan memasang bendera merah putih dan umbul-umbul di halaman rumah seperti yang dilakukan pos-pos Kipur I hari ini, Selasa (3/8/2021).

Adapun pos-pos yang melaksanakan imbauan yakni Pos Salore di Dusun Mudafehan Desa Tulakadi, Pos Motaain di Dusun Halibada Desa Silawan, Pos Damar di Dusun Aisikaiseban Desa Silawan dan Pos Asulait Dusun Asulait Desa Sarabah Kecamatan Tasifeto Timur.

Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur di Mako Satgas Pamtas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat mengatakan seluruh pos jajarannya akan melaksanakan imbauan kepada masyarakat untuk memasang bendera merah putih mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus mendatang.

Hal ini dilakukan menurut Dansatgas, selain dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan, juga bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan pejuang bangsa sekaligus untuk menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme serta kecintaan anak bangsa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kewajiban pemasangan bendera merah putih pada HUT Kemerdekaan ini berdasarkan Pasal 7 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan dan Surat Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 003.1/3745/SJ Tanggal 30 Juni 2021 perihal pelaksanaan pemasangan bendera dan umbul-umbul dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia,” jelas Bayu Sigit.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menyemarakan peringatan HUT Kemerdekaan dengan memasang bendera merah putih dan umbul-umbul dilingkungannya masing-masing baik di rumah, di kantor-kantor, sekolah-sekolah maupun tempat-tempat usaha selama satu bulan penuh (Agustus, red). (ISJ07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jalin Keakraban, Personel Pos Maubusa Anjangsana Ke Warga Binaan

Sel Agu 3 , 2021
GETNEWS.ID, Belu NTT – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Sektor Timur selain melaksanakan tugas pokok menjaga wilayah perbatasan juga melaksanakan tugas pembinaan teritorial di sekitar wilayah pos. Hari ini Pos Maubusa Kipur II melaksanakan anjangsana ke rumah warga binaannya Silus di Dusun Nua Derok Desa Asumanu Kecamatan Raihat […]