Polsek Buer dorong kreatifitas di masa pandemi, Karang Taruna jadikan sampah bernilai ekonomis

Sumbawa Besar – Pandemi covid-19 yang berlangsung sejak lebih dari tiga bulan ini, telah berdampak nyaris seluruh sektor dalam sendi-sendi kehidupan. namun berbeda dengan keberadaan “Bank Sampah” Desa Juru Mapin, Kecamatan Buer, Sumbawa ini. berkat semangat serta kekompakan seluruh pengurus, di tengah pandemi covid-19 justru geliat kelompok ini semakin berproduktifitas dengan memanfaatkan sampah organik dan non organik yang dipisah dan disulap menjadi hasil kerajinan yang bernilai ekonomis. bukan saja itu, geliat usaha produksi pupuk kompos Bank Sampah Desa Juru Mapin sangat laris di masyarakat.

Ketua Karang Taruna Desa Juru Mapin, Murad, ketika dikonfirmasi (9/7/2020) mengatakan, lembaga karang taruna bersinergi dengan kelompok Bank Sampah untuk meningkatkan keahlian, kreatifitas dalam mengolah atau mendaur ulang sampah menjadi barang atau benda bernilai ekonomi di masa pandemi covid-19.

Ia menyebutkan beberapa jenis barang kerajinan yang diolah dari sampah plastik, seperti Keranjang New Color dengan beragam warna menarik, kuat dan ramah lingkungan. kemudian ada berbagai jenis dan ukuran Dompet dari Bungkus kopi, mulai dari ukuran kecil, sedang, dan Besar, sangat cocok untuk melengkapi kebutuhan dan Fashion kaum ibu jaman now, dan yang lagi nge-trend, yakni Produk Kursi model baru oleh pemuda desa setempat dari daur ulang Sampah Plastik (ecobrick), produk ini cukup banyak digemari warga.

Namun yang paling laris, yakni produk pupuk kompos, bahkan Kapolsek Buer sudah memesan 5 zak. masih banyak jenis kerajinan tangan lainnya.

Murad mengaku, geliat produktifitas Bank Sampah Desa Juru Mapin yang dikelolah Buyung Maulana ini, selain semangat yang tinggi dan kekompakan pengurusnya, juga tidak lepas dari sinergitas banyak pihak seperti dorongan dari pihak Polsek Buer bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta pendampingan dari mahasiswa KKN Tematik UNSA.

Kapolsek Buer, Ipda Awaluddin S.AP yang dikonfirmasi Kamis pagi (9/7/2020) mengatakan, pihaknya terus mendorong pengurus beserta seluruh anggota Bank Sampah Desa Juru Mapin agar tetap menggeliat dan berproduksi selama masa pandemi covid-19 sebagai salah satu parameter keberhasilan menuju kampung sehat.

“setiap kegiatan yang dilakukan oleh kelompok Bank Sampah, baik itu melaksanakan kerajinan yang bernilai ekonomis, ataupun memproduksi pupuk kompos, serta pertemuan internal, pihak Polsek Buer selalu menyarankan kan dan mengingatkan agar tidak lepas dari protokol kesehatan,” katanya.

Kapolsek Buer mengaku, bahwa hasil kerajinan dari olahan sampah plastik cukup banyak digemari masyarakat. terlebih produk pupuk kompos yang sangat laris di masyarakat, bahkan dirinya ikut memesan 5 zak pupuk kompos produk Bank Sampah Desa Juru Mapin”, ujar Kapolsek.

“kami terus mendorong kiprah Bank Sampah untuk tetap bergeliat dan produktif menuju kampung sehat, mengingat Desa Juru Mapin merupakan salah satu desa yang ikut serta dalam lomba kampung sehat di Kecamatan Buer.” katanya menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lanal Mataram gandeng TVRI kenalkan laut dan pesisir NTB

Kam Jul 9 , 2020
Mataram – Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., melakukan kunjungan silaturrahmi sekaligus perkenalan sebagai Komandan Lanal Mataram ke Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indinesia (LPP TVRI) NTB dijalan Majapahit No.15 Mataram, Kamis (9/7). Danlanal kelahiran Banyumas Jawa Tengah 1970 didampingi Pasintel Mayor Laut (S) Thomas Dolfinus F, S.E., Kaur Binpuan Spotmar […]