MotoGP 2021 Lombok dibangun di tengah kluster sport dan entertainment

GETNEWS.ID – Indonesia telah resmi ditunjuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit jalan raya MotoGP pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep. Sirkuit tersebut akan memiliki panjang 4,31 kilometer dan memiliki 17 tikungan yang dibangun di tengah-tengah kluster sport & entertainment di kawasan pariwisata Kota Mandalika.

Kawasan Mandalika berjarak hanya 30 menit dari Bandara Internasional Lombok, kawasan ini dihiasi bentang alam yang indah, pun pantai-pantai yang sangat menawan, mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan.

Pantai Kuta yang terkenal dengan pasirnya yang putih dan air laut yang jernih, lengkap dengan pepohonan dan bukit hijau yang megah terlihat sangat jelas. Dari segi nuansa, ini sedikit mirip dengan Nusa Dua Bali.

Kawasan ini dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika memiliki lahan seluas 1.034 hektar yang digarap oleh PT Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC), BUMN yang sukses membangun kawasan pariwisata Nusa Dua di Bali.

Saat ini, pembangunan sirkuit baru sedang dikebut. Seperti dikutip dari Jawapos.com, prosesnya mencapai 30 persen. Dijadwalkan, pada awal 2021, sirkuit tersebut sudah masuk agenda sementara tes pramusim MotoGP.

“Pengaspalan badan jalan akan dimulai pada Desember 2019 sebelum kemudian dilanjutkan dengan upgrading permukaan badan jalan menjadi lintasan balap. Akhir tahun 2020 kami targetkan pembangunan sirkuit dapat selesai, sehingga dapat menjamu tes pramusim 2021, yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim 2021 dimulai,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah BUMN pengembang dan pengelola Sirkuit Mandalika.

Tes pra-musim 2021 di sirkuit ini dijadwalkan berlangsung selama 3 hari dan diperkirakan akan diikuti oleh semua pembalap peserta MotoGP tahun yang bersangkutan, sesuai peraturan FIM World Championship Grand Prix Regulation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari Sumpah Pemuda dan harapan NTB pada pemuda

Sen Okt 28 , 2019
GETNEWS.ID – Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan Upacara Bendera di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB pada Senin (28/10). Wagub membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sesuai dengan tema Sumpah Pemuda tahun ini, yaitu Bersatu Kita Maju. “Tema ini […]