Kodim 1606/Lobar gelar kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika

Lombok Barat – Komandan Kodim 1606/Lobar Kolonel Arm Gunawan, S.Sos., MT., membuka acara Pramuka Wira Saka Kartika (SWK) Kodim 1606/Lombok Barat TW II Tahun 2020 di Kantor Camat Labuapi Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (04/7).

Dengan mengambil tema ‘Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan’, Dandim dalam sambutannya menyampaikan bahwa gerakan  Pramuka  telah  menjadi salah satu pilar penting  dalam  sistem  pendidikan nasional yang dapat menarik seluruh elemen masyarakat untuk merapatkan barisan dalam menuju cita-cita bangsa yang mulia.

Dijelaskannya, semua peserta adalah calon pemimpin bangsa oleh karena itu perlu mendapatkan pembekalan pembinaan yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk masa depan masing-masing.

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk melatih kembali dasar-dasar dari kepramukaan antara lain mungkin kedisiplinan baris-berbaris yang memang harus selalu dilatih dan dibina supaya membentuk karakter jiwa kita,” jelas Dandim alumni Akmil 1997 tersebut.

Dandim juga menambahkan bahwa Pramuka merupakan salah satu wadah untuk membentuk kepribadian generasi muda yang cerdas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, memiliki kepemimpinan yang handal, cinta lingkungan serta disiplin tinggi dan patuh terhadap hukum.

Untuk itu, lanjutnya, melalui kegiatan perkemahan ini, para peserta anggota Pramuka Wira Saka Kartika akan mendapat pembekalan ilmu pengetahuan bela negara dan wawasan kebangsaan serta keterampilan dasar navigasi darat, pioneer, mountenering dan survival serta kegiatan lainnya yang dapat memotivasi adik-adik untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas baik secara perorangan maupun kelompok.

“Jadilah remaja yang aktif, kreatif, inovatif, enerjik dan hindari bahaya Narkoba sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang patut dibanggakan dimasa yang akan datang,” katanya.

Selain itu, Kol. Arm Gunawan mengingatkan agar para peserta anggota Pramuka dalam kondisi pandemi covid 19 ini tidak terlena dengan libur panjang ini dan tetap menjaga kesehatan dengan melaksanakan semua protokol kesehatan yang ada.

Kegiatan perkemahan yang akan dilaksanakan selama dua hari tersebut dihadiri Pasipers Mayor info Januardi, Pasi ops Mayor Inf A.Haris,SH., MH., Camat Labuapi Muhamat Fauzi, SIP., Kapolsek Labuapi Iptu Jahyadi sibawai SH., Danramil Narmada Kapten Inf M.Yuni., Danramil Gerung Lettu Inf Maturidi., Danpos Ramil Labuapi peltu Junaidi dan perwakilan Pramuka Wira Saka Kartika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TMMD 108 Sumbawa Barat, Warga Dusun Batu Melik : TNI adalah keluarga

Sab Jul 4 , 2020
Sumbawa Barat – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 Kodim 1628 Sumbawa Barat telah memasuki hari ke empat. Progress sasaran fisik terus berjalan sebagiamana yang direncanakan. Setelah beberapa hari berjalan, masyarakat mulai merasakan kehadiran TNI di dalam hari-hari mereka, bahkan sejumlah warga tidak lagi merasa sunkan dengan para […]