JPS Gemilang mulai di Distribusikan

Mataram – Paket Sembako program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang, mulai hari ini Minggu (19/4) terdistribusikan di seluruh kecamatan di Kota Mataram. Program ini dihajatkan untuk mengatasi covid-19 bagi masyarakat yang terdampak karantina mandiri.

Sejak diluncurkan 16 April lalu, oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah, JPS Gemilang tersebut sudah diserahkan ke seluruh kecamatan di Kota Mataram untuk selanjutnya didistribusikan ke masyarakat penerima. Sebanyak 6 Kecamatan di Kota Mataram yang telah didistribusikan paket JPS itu adalah Ampenan sebanyak 333 paket, Sekarbela 223 paket, Mataram 441 paket, Selaparang 261 paket, Cakranegara 329 paket dan Sandubaya sebanyak 291 paket. Sehingga totalnya sebanyak 1868 paket.

Gubernur menyampaikan Pemerintah pusat juga memiliki program JPS. Namun katanya, paket sembako yang digagas pemerintah pusat belum mampu menyasar semua masyarakat yang membutuhkan di NTB.

“Yang tidak bisa dicover atau dipenuhi oleh pemerintah pusat coba kami penuhi dengan APBD kita. Walaupun kita sudah mencoba melengkapi dengan JPS Gemilang kami juga sadar bahwa ini pun belum cukup,” katanya.

Oleh karena itu lanjutnya sudah ada kesepakatan dengan para bupati/walikota se-NTB, yang tidak dicover oleh pemerintah pusat kemudian tidak dicover juga oleh pemerintah provinsi, nanti akan dibantu oleh pemerintah Kabupaten
Kota. Sebagaimana instruksi Presiden kalau tidak bisa juga di cover oleh pemerintah kabupaten/kota maka akan menggunakan dana desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, T. Wismaningsih Drajadiah, mengatakan penyaluran JPS Gemilang memang dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, bantuan tersebut disalurkan di Kota Mataram. Setelah di Kota Mataram, distribusi akan dilanjutkan ke kabupaten/kota lainnya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Untuk Kota Mataram dan sekitarnya sudah semua diterima pihak kecamatan, untuk luar Mataram, hari Senin (20/04) besok akan dilanjutkan,” kata Wismaningsih Drajadiah.

Pada tahap pertama yang dimulai 16 April 2020 program JPS Gemilang menyasar 73.000 KK desil 1-3 yang tidak mendapatkan program bantuan dari Kementerian Sosial RI. Kemudian diberikan juga bantuan JPS Gemilang pada 32.000 KK dari kelompok masyarakat sektor formal dan informal serta dunia usaha yang terdampak Covid-19.

Dengan demikian, total penerima mencapai 105.000 KK. Rinciannya, Kota Mataram 2.695 KK, Lombok Barat 8.052 KK, Lombok Tengah 15.997 KK, Lombok Timur 37.578 KK, Lombok Utara 4.079 KK, Sumbawa 5.681 KK, Sumbawa Barat 2.535 KK, Dompu 7.840 KK, Bima 12.604 KK, Kota Bima 1.939 KK, dan Provinsi 6.000 KK. Data tersebut sepenuhnya berdasarkan hasil verifikasi dan validasi yang dikirim oleh pemerintah kab/kota melalui kecamatan.

Paket bantuan sembako JPS Gemilang berisi sembilan produk atau komoditi lokal senilai Rp250 ribu per KK. Satu paket sembako JPS Gemilang berisi beras 10 kg, minyak goreng 1 liter, telur 20 butir, susu, masker non medis 3 buah, sabun lokal antiseptik dan minyak kayu putih/minyak cengkeh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lagi, Polres Lombok Tengah amankan empat pelaku penyalahgunaan narkoba

Sen Apr 20 , 2020
Lombok Tengah – Meskipun ditengah mewabahnya virus Corona atau COVID-19 peredaran Narkoba kian marak. Buktinya, Minggu  pukul 23.30 wita anggota Opsnal Sat Narkoba Polres Lombok Tengah bersama Ketua BKD dan Masyarakat Desa Beleka Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah telah melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap 4 (empat) orang pemuda diduga […]