Tingkatkan Iman dan Takwa, Kodim 1606/Lobar Gelar Kultum di mushola At Taubat

getnews.id, Mataram – Guna meningkatkan Iman dan ketakwaan pada Allah SWT di bulan suci Ramadhan, kini anggota jajaran Kodim 1606/Lobar Khususnya Staf Makodim gelar Kuliah Tujuh Menit (Kultum) bertempat di mushola At Taubat Kodim 1606/Lobar, (13/4/21).

Selesai melaksanakan shalat Zuhur berjamaah pada kesempatan itu Peltu M. Sidik menyampaikan, Ibadah puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib dilakukan bagi seluruh umat Islam penjuru dunia dijelaskan dalam Alquran puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam maka dari itu, jika umat Islam dengan sengaja meninggalkan puasa di bulan Ramadan maka akan mendapatkan dosa yang cukup besar.

” Penjelasan dari ayat-ayat Alquran hingga penjelasan dari hadits puasa ini bisa memberikan pedoman untuk menjalankan ibadah puasa, dan membuat semakin yakin bahwa puasa adalah ibadah yang mulia dan Allah SWT sangat menyukainya.

Dalam Al Qur’an sudah di jelaskan yang artinya hai orang -orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa Al-Baqarah 183-184 yang merupakan firman Allah SWT, menjelaskan bahwa menjalankan ibadah puasa adalah wajib bagi orang-orang yang beriman.

Namun ada beberapa hal yang diperbolehkan seorang umat tidak menjalankan puasa beberapa hal yang memperbolehkan umat Islam tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan adalah sakit, dan orang yang sedang bepergian jauh, namun dalam ayat tersebut juga menjelaskan bahwa meskipun boleh tidak menjalankan puasa, orang tersebut harus menggantinya di hari yang lain, membayar fidyah atau tenda berupa memberi makan kepada fakir miskin.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia danpenjelasan – penjelasan mengenai petuniuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang bathil oleh karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di negeri tempat tinggalnya di bulan itu maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.

Bulan Ramadan juga banyak kejadian yang menjadikan bulan ini sangat istimewa bagi umat Islam adapun keistimewaan bulan Ramadan bagi umat Islam sebagai berikut,
Terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu neraka selama bulan Ramadan, Adanya malam lailatul qadar yang jika kamu beribadah pada malam tersebut maka pahalanya lebih baik dari seribu bulan, Bulan pengampun dosa, Bulan di mana pahala bisa berlipat ganda kita dapatkan, dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Komdan Kodim 1606/Lobar Kolonel Arm Gunawan S.Sos. M.T., mengatakan Pada bulan yang penuh berkah dan maghfirah ini, kegiatan – kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, baik untuk mengisi bulan Ramadhan ini dengan kegiatan yang positif, juga berlomba-lomba mencari kebaikan dan mengingat Allah SWT, salah satunya dengan cara membaca Al Quran.

Agar seluruh jajarannya bisa melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya dalam bulan Ramadhan ini, seperti sholat tarawih dan tadarusan bersama, dengan harapan, agar tercipta kedamaian di dalam hati serta menimbulkan rasa kebersamaan antar Sesama, Rutinitas tugas pokok sebagai prajurit TNI juga harus terus dijalankan walau dalam kondisi Puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bangun Sinergitas Membangun Negeri, Wadan Satgas Pamtas Sektor Timur Kunjungi Kantor RRI Atambua

Rab Apr 14 , 2021
GETNEWS.ID, Belu NTT – Wadan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Mayor Inf Aditya Nugraha, S.IP., didampingi Pasiminlog Lettu Inf Mulyadi dan Dankima selaku Perwira Penerangan Satgas Lettu Chb Ismail, SH., menggelar kunjungan kerja ke Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua, Senin (12/4/2021). Kunjungan kerja tersebut disambut hangat Kepala Kantor RRI […]