Peringati HUT Lobar Ke-63, Dandim 1606/Lobar Hadiri Giat Penanaman Pohon

getnews.id, Lombok Barat – Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid bersama wakil bupati Lobar Hj Sumiatun dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Lombok barat bersama klub motor serta komunitas Bikers melakukan touring untuk mengeksplorasi keindahan alam Lobar khususnya kawasan Sekotong. Touring yang dirangkai dengan penanaman 10 ribu pohon itu merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Lombok Barat ke 63.

Dalam Sambutanya Bupatii Lombok Barat H.Fauzan Khalid mengatakan, kegiatan touring sekaligus penanaman pohon ini dalam rangka peringatan HUT Lombok Barat ke 63. Diikuti oleh ratusan peserta dari jajaran Forkopimda, OPD, kadin, klub motor dan para biker. Touring ini istimewa karena Wabup, Kapolres, Dandim dan ketua DPRD Lobar naik motor dengan menempuh jarak sekitar 40-50 kilometer. “Ini kebanggaan kita, dan kita menanam 10 ribu Pohon bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Kegiatan ini dalam rangka peringatan HUT Lombok Barat ke 63,”jelas Dia, Minggu (11/4). Meksipun diikuti ratusan orang, namun touring ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Dimana Ratusan peserta dilepas di Kantor Bupati Lobar secara bertahap. Kemudian menempuh jarak 40 kilometer hingga jalur selatan bukit Mekaki.

Meskipun menempuh jarak begitu jauh, namun dengan melihat keindahan alam Mekaki semua rasa lelah dan letih seketika hilang. Begitu tiba di kawasan Mekaki, tampak keindahan jalan membelah bukit dengan pemandangan alam pantai dan perbukitan di sebelah kiri dan kanan sepanjang jalan hotmik tersebut. Para peserta yang tak mau menyia-nyiakan kesempatan mengabadikan dengan mengambil gambar dan Selfi di sepanjang jalur kawasan itu. “Pemandangan begitu amazing,”ujar Bupati.

Touring ini jelas dia, untuk mengeksplor keindahan Lombok Barat khususnya kawasan Mekaki. Diharapkan dengan ratusan peserta ini bisa menceritakan melalui media soal masing-masing. Ia yang baru pertama melihat kondangan jalur selatan menuju Kek Mandalika ini begitu takjub dengan keindahan alam pantainya yang masih alami. Untuk penanaman pohon kali ini, masing-masing peserta menanam 5 Pohon. Dengan jumlah peserta sekitar 300 orang, peserta melakukan penanaman sudah dibagi per kelompok untuk menghindari kerumunan.

Titik penanaman dibagi menjadi beberapa titik di lokasi rest area dan lokasi utama di puncak bukit Mekaki. “Penanaman pohon ini kerjasama antara Pemda Lobar, DLHK provinsi dan Kadin. Kurang lebih sekitar 10 ribu pohon yang ditanam,”jelas Dia.Ia berpesan kepada warga sekitar, setelah Pohon ditanam agar dijaga supaya bisa tumbuh dengan baik. “Karena kita tanam bersama, maka mari kita jaga bersama,”harap dia. Kedepan di wilayah Mekaki ini tambah Bupati, akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Hotel oleh wings group.

Di tempat yang sama Komandan Kodim 1606/Lobar, Kolonel Arm Gunawan S.Sos. M.T., mengatakan Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Lombok Barat ke 63 Tahun, ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Lombok Barat terhadap upaya pelestarian alam.

Lanjut” Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh masyarakat dapat menyadari betapa pentingnya menjaga pelestarian alam karena alam dan kehidupan memiliki hubungan yang sangat erat. Serta ikut berpartisipasi dalam perlindungan dan pengelolaannya,” tegasnya.

Penanaman pohon yang dilaksanakan ini  perlu kita apresiasi bersama, ini dapat menggugah kepedulian berbagai pihak akan pentingnya keberadaan pohon serta pemeliharaan yang berkelanjutan untuk kelestarian lingkungan,” tutup Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sungai Bengok Akan disulap Jadi Kawasan Wisata Tengah Kota

Sen Apr 12 , 2021
getnews.id, Lombok Barat – Sungai Bengok akan ditata menjadi Kawasan wisata tengah kota yang terpusat di bendungan Batu Dendeng kelurahan Dasan Geres Kecamatan Gerung. Kepala Dinas PUTR I Made Arthadana salaku moderator menyampaikan apa yang diinisiasi Kelurahan dalam hal KMPS walaupun belum detail bahwa dalam master plan itu ada sinergi […]