Muh. Idris : Potensi Ternak Sapi di NTB Harus di Pertahankan

getnews.id, Mataram – Angin segar datang bagi seluruh peternak sapi di Provinsi NTB. Pasalnya, Pemerintah Provinsi NTB bersinergi dengan PT. Manggala Jaya Utama Sampali dan Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah guna menghadirkan fasilitas pembiayaan Kredit Usaha Rakyat bagi para peternak sapi.

Ini diwujudkan dengan pola, PT. Manggala Jaya Utama Sampali selaku perusahaan siap suplai bibit sapi untuk peternak sekaligus membeli hasil sapi yang siap dijual dan Bank Sinarmas selaku penyalur KUR pada para peternak.

Adapun polanya kemitraannya Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah sebagai penyalur KUR, PT. Mandala sebagai penjamin dan masyarakat sebagai plasma.

Dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi NTB apresiasi PT. Manggala Jaya Utama Sampali dan Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah guna mendukung terwujudnya misi dari visi NTB Gemilang, yakni NTB Sejahtera dan Mandiri.

“Program ini sangat relevan dengan salah satu misi NTB Gemilang yakni NTB Sejahtera dan Mandiri dalam konteks perekonomian,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., di Hotel Aston Inn, Mataram, Rabu (31/03).

Sementara itu, Sekda menegaskan, pada program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), dimana pembangunan NTB fokus pada pada sektor pertanian dan pariwisata, salah satunya program peternakan yang dilaksanakan adalah NTB Bumi Seribu Sapi ( NTB BSS).

Bukan hanya itu, pemprov NTB menggagas food estate berbasis peternakan yang berada di Pelampang, Kabupaten Sumbawa Barat, Rumah Potong Hewan di Banyumulek Lombok Barat sehingga gagasan dan program dari berbagai stakeholders patut diapresiasi.

“ kami pernah menggagas bahwa NTB adalah Sejuta Sapi, Ikhtiar kami menjadikan NTB dengan potensi peternakan sebagai ikon kedepan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Miq Gita.

Senada dengan Komisaris Utama PT. Manggala Jaya Utama Sampali, Muh. Idris S. Sos., juga melihat potensi ternak sapi di NTB sangat luar biasa. Populasi ternak sapi harus dipertahankan jangan sampai berakhir menjadi sebuah nama.

“Kami terus berusaha agar konsep Pemerintah mengenai sejuta sapi tersebut dapat teruwujud, dan berharap agar peternak lebih sejahtera,” tutur Muh. Idris.

Mengenai penyaluran KUR, Direktur Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah, Halim, mengungkapkan, bahwa Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah akan mendukung program pemberdayaan ekonomi di daerah berbasis kerakyatan.

“Melalui Sinergi ini diharapkan dapat mendorong kegiatan ekonomi yang lebih produktif sehingga tercipta literasi keuangan yang berkesinambungan,” ungkap Halim.

Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah melalui Yayasan Muslim Sinar Mas juga menyalurkan Wakaf 500 mushaf Al-Quran kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan memberikan beasiswa kepada santri dibeberapa pesantren di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dansatgas Pamtas Mayor Bayu Sigit Tegaskan Jangan Takut di Vaksin Covid-19

Rab Mar 31 , 2021
GETNEWS.ID, Belu NTT – Untuk mengantisipasi dan mencegah terjangkit virus corona, Sebanyak 364 personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY melakasanakan vaksinasi Covid-19 di Mako Satgas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur. Demikian dikatakan Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro […]