Perserikatan Bumdes Indonesia Kabupaten Sumbawa Dilantik, PLH Bupati Minta Bumdes Berinovasi

getnews.id, Sumbawa Besar – Dewan Pengurus Daerah Perserikatan Bumdes Indonesia Nusa Tenggara Barat (DPD PBI NTB) melantik kepengurusan PBI kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang di hadiri pejabat pelaksana harian Bupati Sumbawa Drs. H.Hasan Basri tersebut berlangsung di aula lantai III kantor Bupati Sumbawa, 9 Maret 2021.

Selain Plh Bupati, hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa Varian Bintoro, Dirut Perusda Sumbawa, Forum Kepala Desa, ketua PBI NTB,beberapa perwakilan camat dan Direktur Bumdes se-Kabupaten Sumbawa.

Dalam laporanya Kadis PMD Kabupaten Sumbawa Varian, menyampaikan bahwa Bumdes sebagai mobilisator ekonomi desa, karena itu ia menyambut baik kepengurusan Perserikatan Bumdes Indonesia ( PBI) terbentuk di Kabupaten Sumbawa.
“Saya berharap agar pengurus PBI nntinya dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan Bumdes di seluruh desa yang ada di Kabupaten Sumbawa ini” Ujarnya.

Selanjutnya sebelum melantik ketua Dewan Pengurus Daerah Perserikatan Bumdes Indonesia (PBI -NTB) Putri Munira, dalam sambutannya menyampaikan PBI muncul dan bergerak berdasarkan UUD no 6 thn 2014 dan memberikan kesempatan kepada desa untuk memaksimalkan potensinya untuk kemajuan desa. Karena itu pengelolaan Bumdes harus dilakukan secara profesional dan mandiri sesuai dengan tugas pokok PBI salah satunya memfasilitasi terciptanya sinergi antar pengelola Bumdes mulai dari desa,kecamatan,kabupaten hingga ke nasional.
“Melalui wadah inilah kita akan mendorong Bumdes untuk membuat jaringan dan sinergi lebih luas. Melakukan komunikasi,konsultasi dan advokasi serta mendorong kemajuan Bumdes ” kata Putri.

Dalam pelantikan itu, sekretaris umum DPD PBI NTB L.Okto Muhar Sabdi.S.Pd membacakan perwakilan dari 32 orang nama direktur Bumdes yang dikukuhkan menjadi Pengurus PBI Kabupaten Sumbawa dengan ketua terpilih Muslimin S.Pd,Sekretaris Tuti Suharti dan Bendahara Kamariah dengan anggota lainya menempati enam bidang, yakni bidang kerja,bidang pengembangan usaha,bidang kemitraan, bidang promosi,bidang media informasi dan pemberdayaan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Dewan Pembina PBI pusat Prof Jarot memberikan arahanya via zoom. Jarot berharap dengan terbentuknya PBI Kabupaten Sumbawa diharapkan Bumdes dapat mengoptimalkan potensi yang ada dengan memperhatikan keberlangsungan dan tetap menjaga integritas.
“Selamat dan sukses untuk PBI Kabupaten Sumbawa yang sudah terbentuk, dan harapan saya kita harus mengoptimalkan pada sumber daya alam, namun tetap memperhatikan keberlanjutan dan yang tidak kalah pentingnya ialah mengedepankan integritas seperti mengedepankan kejujuran, menuju Indonesia yang bersih dan berintegritas” jelas prof Jarot.

Sementara itu pelaksana harian Bupati Sumbawa Drs. H. Hasan Basri mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus PBI Sumbawa.
” Selamat dan sukses PBI Sumbawa sudah terbentuk semoga dapat memperkuat kelembagaan ekonomi desa sebagai penggerak ekonomi desa untuk mensejahterakan masyarakat” Ucapnya

Selanjutnya dalam sambutanya pejabat yang biasa disapa H Bas itu menjelaskan, Bumdes sebagai motor penggerak ekonomi desa Bumdes Kabupaten Sumbawa yang tersebar di 157 desa diharapkan dapat berperan sebagai penggerak kemajuan ekonomi desa dan juga memberikan pelayanan umum kepada masyarakat seperti yang telah diamanahkan dalam UUD no 6 thn 2014 dan ditindak lanjuti dengan Perda kabupaten Sumbawa no 8 thn 2018 tentang Bumdes.

” Jadi salah satu tujuan Bumdes ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan, pengembangan ekonomi desa dan tentunya untuk memberikan pendapatan asli desa”terangya

Ia menambahkan keberhasilan Bumdes tidak terlepas dari kerjasama atau sinerginyang baik .

“Itu bisa berhasil tentu dengan melakukan berinovasi, harus bisa meyakinkan masyarakat bahwa kita bisa memberikan yang terbaik dengan disiplin dan kreatif, tu yang paling penting! “. Tegasnya

Dalam sambutanya, lebih jauh Sekda Sumbawa ini memaparkan bumdes sebagai penggerak ekonomi desa memiliki peran yg sangat strategis,menggerakkan ekonomi masyarakat selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kepercayaan masyarakat kepada Bumdes.
“Peran inilah yang harus terus di dorong baik dari tingkat desa kecamatan dan kabupaten. Di harapkan sebagai mediator,komunikator dan koordinator bagi Bumdes yang ada di kabupaten Sumbawa. Hal ini semata menunjang pengembangan usaha Bumdes itu sendiri dengan ttp mengedepankan prinsip kekeluargaan dan gotong royong dalam membangun bumdes dikabupaten Sumbawa”

Menurutnya PBI Kabupaten Sumbawa yg telah dibentuk dan di tetapkan oleh DPD NTB sangat di harapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan menyusun program dengan baik. Menganalisa Potensi , melakukan komunikasi dan koordinasi dengan baik utk mendorong produk unggulan desa melalui Bumdes.

“Sy minta kepada sodara sekalian untuk memanfaatkan momen ini untuk membahas hal strategis tentang ekonomi desa dan Bumdes menyusun rencana kerja agar diperoleh pemahaman bersama dan memperoleh yang terbaik untuk kemajuan ekonomi masyarakat di desa kabupaten Sumbawa” Pintanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kebakaran di Kecamatan Sape, 1 Rumah Habis di lahap Si Jago Merah

Rab Mar 10 , 2021
Kota Bima – Diduga akibat arus listrik, rumah panggung milik Nuramirullah (37) warga Desa Sari Kecamatan Sape hangus terbakar hingga rata dengan tanah, Selasa pagi (9/3) sekitar pukul 10.10. Kasubbag Humas Polres Bima Kota IPTU Jufrin menyampaikan, awalnya di dalam rumah panggung 12 tiang itu tiba-tiba muncul kobaran api, warga […]