UNDIKMA Gelar Festival Edukasi Sebagai Ajang Pemanasan Menuju LKS

getnews id, Mataram- Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Mataram kembali menggelar festival edukasi dengan mata lomba Teknologi Desain Grafis antar SMA/SMK se NTB atas kerjasama Undikma dengan Dinas Dikbud NTB.

Festival yang telah menjadi agenda rutin tahunan tersebut akan digelar selama dua hari yaitu tanggal 9 – 10 Maret 202,,bertempat di Laboratorium komputer UNDIKMA.

Pembukaan festival dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB yang diwakili Sekretaris Dinas Dr. H. Muhtadi Hairi, Kabid SMK H. Makbullah, M.Pd.,Kasi Peserta Didik SMA Aryanti Dwiyani, Rektor dan pimpinan UNDIKMA serta peserta lomba, pada Selasa (9/03/2021) pagi.

Ketua panitia festival Adam Bachtiar, menyampaikan bahwa festival edukasi adalah agenda rutin yang dilaksanakan oleh UNDIKMA dengan berbagai macam mata lomba.

,”Dan untuk tahun 2021 ini, kita melombakan teknologi desain grafis, “ucapnya.

Lebih lanjut Adam mengungkapkan bahwa lomba dilakukan melalui dua tahap yaitu penilaian portofolio secara daring diikuti oleh 74 siswa yang berasal dari 20 sekolah di NTB.

Dimana dari hasil penilaian portofolio nanti akan dipilih 30 siswa untuk mengikuti lomba secara langsung di UNDIKMA.

Setiap peserta mengerjakan 2 modul yang telah disediakan dan dikerjakan  selama 8 jam.

Bahkan festival edukasi ini sekaligus sebagai ajang pemanasan bagi siswa/siswi untuk menghadapi lomba keterampilan siswa yang diselenggarakan setiap tahun.

,”Setiap peserta akan memperoleh piagam, dan khusus juara selain memperoleh piagam juga akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan,  ungkap Adam.

Sementara itu Rektor UNDIIKMA Prof. Kusno, Ph.D, menyampaikan terima kasih atas keikutsertaan para siswa dan guru pembina dalam festival edukasi serta dapat mengikuti lomba dengan maksimal.

,”Jadikan lomba ini  sebagai media belajar dan silaturahmi antar sesama siswa yang bergelut dalam bidang desain grafis, “ucapnya.

,”Dengan lomba ini adik-adik bisa saling kenal satu sama lain dan  bisa saling berbagi ilmu pengalaman, ” harapnya.

Sedangkan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Dr. H. Muhtadi Hairi,menyambut baik kegiatan yang difasilitasi oleh Undkima atas kerjasama dengan pihak Dikbud.

Menurutnya bahwa festival edukasi dengan mata lomba Teknologi Desain Grafis merupakan juga sebagai ajang pemanasan untuk menuju Lomba Kompetensi Siswa 
(LKS ) tingkat provinsi ataupun tingkat nasional.

Selain itu, Sekdis menyampaikan bahwa dengan adanya festival edukasi sebagai bentuk mitra antara Undikma dengan Dikbud karena sama sama mengurus pendidikan.

,”kalaupun tidak ada, Undikma tidak membuka katakanlah jurusan yang kaitannya dengan tehnik seperti itu, paling tidak bisa memediasi kita.Ada simbiosis simbiosis mutualisme undikma dengan dinas pendidikan, “harapnya.

KO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ratusan Tokoh Agama Lakukan Vaksinasi di Polres Lobar

Sel Mar 9 , 2021
Lombok Barat – Polres Lombok Barat bersama Dinas Kesehatan Lombok Barat, melanjutkan vaksinasi kepada anggota Polres Lombok Barat, dan Tokoh Agama di Lombok Barat, Senin (8/3/2021). Kapolres Lombok Barat AKBP bagus S. Wibowo, SIK menyampaikan apresiasi atas dukungan para Tokoh yang ikut mensukseskan vaksinasi di Mapolres Lombok Barat ini. “Dengan […]