Menurut Survei: Publik Lebih Percaya Gubernur Ketimbang Jokowi

getnews.id – Dikutip dari media CCN Indonesia Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap kepercayaan publik terhadap gubernur lebih tinggi dibandingpresiden Jokowi. Gubernur jadi sosok paling dipercaya publik setelah Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tingkat kepercayaan publik terhadap gubernur mencapai 91 persen. Sementara tingkat kepercayaan publik kepada presiden sebesar 88 persen.

“Yang menarik di sini, tingkat kepercayaan kepada gubernur ini lebih tinggi dibanding presiden dan juga terhadap wali kota. Ini juga yang menarik, artinya, pemerintahan lebih dekat ke masyarakat cenderung sentimen positif yang lebih besar,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam jumpa pers daring, Senin (22/2).

Djayadi berpendapat kondisi tersebut menjadi hal positif bagi para gubernur lantaran kepercayaan publik jadi modal baik untuk menyongsong Pilpres 2024.

Selain itu, LSI mencatat TNI masih jadi lembaga paling dipercaya publik. Sebanyak 95 persen responden menyatakan percaya pada lembaga militer tersebut.

Di posisi ketiga, sedikit di atas presiden, ada bupati/wali kota. Setidaknya 90 persen responden percaya dengan pimpinan daerah tingkat dua tersebut.

Di bawah presiden ada pemerintah pusat dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 85 persen. Lalu ada KPK dengan 83 persen, polisi dengan 84 persen, dan kejaksaan dengan 82 persen.

Djayadi menyoroti merosotnya kepercayaan publik terhadap KPK. Ia melihat ada tren penurunan sejak revisi Undang-undang KPK.

“Biasanya kan KPK nomor 1, 2, atau 3, tapi sudah seperti ditemukan lembaga lain, sudah dua tahun terakhir KPK sudah tidak lagi masuk ke liga pertama,” ujarnya.


LSI melakukan survei terhadap 1.200 responden yang dipilih dengan metode multi stage random sampling. Survei dilakukan pada 25-31 Januari 2021. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mantan Kades Sumbawa Hilang Diterjang Banjir

Rab Feb 24 , 2021
getnews.id – Akibat diterjang banjir bandang, seorang warga asal desa Batu Tering Kec. Moyo Hulu Kab. Sumbawa terseret arus dan tenggelam di sungai desa setempat, Selasa (23/02). Kepala Kantor SAR (Pencarian dan Pertolongan) Mataram Nanang Sigit PH membenarkan kejadian tersebut. “pukul 17.25 Wita menerima laporan dari Kades Batu Tering dan […]