Sri Sulistiowati : Mari Mengolah Sampah Hingga Bernilai Ekonomi

getnews.id – untuk mencegah terjadinya persoaln sampah mulai lokasi pembuangan atau sering di sebut TPS sampai hingga kesadaran manusia, dalam mengatasi hal diatas pemerintah daerah pun telah lama menunjukkan keseriusannya namun belum bisa mengatasi persoalan sampah, kini Kelurahan Mataram Barat resmikan wadah Rumah Pemilahan Sampah bernama “RUMPIL INGEZ” bertempatan dengan hari perduli sampah Nasional Minggu 21/02/2021 di jalan Pramuka 25, karang medan  Mataram Barat.

Dalam sambutan Lurah Mataram Barat Sri Sulistiowati menjelaskan, ide ini tercetus semenjak ditutupnya TPS Karang medain yang terletak di ujung jembatan karang medain. ‘Sehingga kami bersama masyarakat merembuk mencari solusi pembuangan sampah serta bagaimana sampah menjadi bermanfaat dan bernilai ekonomi”, tegas Ibu Lurah.

Ibu Lurah menyampaikan bahwa tujuan terbentuknya Rumpil Ingez ini guna membantu dan membimbing masyarakat memilah sampah dari rumah sebelum membuang ke lokasi Rumpi inges.

Adapun jenisnya seperti kaca botol, tas plastik, kardus/kertas, botol plastik dan takakura yang masing-masing  telah disiapkan, jelasnya.

Dengan adanya “Rumpil Ingez” ini bisa memotivasi masyarakat khususnyanya Kelurahan Mataram Barat untuk dapat menjadikan produksi sampah di rumahnya hingga menjadi suatu yang bermanfaat, serta melahirkan lingkungan Mataram Barat jadi lingkungan sehat dan bersih, terangnya

Dalam acara launching ini di hadiri ketua DPRD kota mataram Didi Sumardi, Bapak Gubernur NTB yang diwakili Asisten II Ridwansyah, perwakilan  DLHK kota dan Provinsi serta Camat Mataram dan seluruh staf kelurahan Mataram Barat,   kelompok-kelompok masyarakat yang ada di kelurahan Mataram Barat

Kegiatan peresmian Rumpil Ingez ini mulai dibuka dengan ditandai  Pengguntingan pita oleh Gubernur NTB yang diwakili oleh Asisten II yang didampingi oleh segenap Undangan yang hadir.

Dengan demikian maka Rumah Pemilahan Sampah ini sudah mulai beroperasi. 

Di kesempatan lain masing-masing perwakilan Gubernur dalam hal ini diwakili Asisten II dan ketua DPRD kota mataram sama-sama menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada ibu Lurah Mataram barat dengan langkah seperti ini,   ini akan bisa mengatasi persoalan sampah di kota mataram, kami atas nama lembaga dan pemerintah menyampaikan terimakasih terutama kepada ibu Lurah serta masyarakat mataram barat, atas ide dan kerja keras nya demi terlaksana dan terbentuknya wadah ini, dan kami akan sangat mendukung program seperti ini, begitu yang disampaikan oleh Bapak Didi Sumardi dan Bapak Ridwansyah atas nama lembaga dan pemerintah Kota Mataram dan Provinsi NTB.

Semoga semua kelurahan di kota mataram ini dapat melaksanakan program seperti ini, ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua DPRD Kota Mataram Apresiasi Trobosan Rumpil Ingez

Sen Feb 22 , 2021
getnews.id – Berbicara masalah sampah di kota Mataram belum bisa terselesaikan hingga saat ini juga tak sesuai harapan pemerintah dan masyarakat. Solusi terus dilakukan pemerintah serta bekerjasama dengan masyarakat dalam menangani sampah guna mewujudkan Kota Mataram bebas dari samapah dan bernilai Ekonomi Oleh karena itu, Ketua DPRD kota Mataram Didi […]