Relawan Siaga Bencana Bintaro Gelar Pelatihan Bertema Bersiaga Menghadapi Bencana

getnews.id – Relawan Siaga Bencana (RSB) Kelurahan Bintaro di bawah binaan Sekretaris Lurah (Seklur) Emmy Sulistiawati menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana Mandiri dengan mengusung tema ”Bersiaga Menghadapi Bencana”, Sabtu (6/2/2021).

“hadir ini narasumber dari luar NTB berpengalaman di bidang mitigasi bencana, kerelawanan yaitu Edie Nugroho, certified coach untuk Sistem Manajemen Keadaan Darurat  sekaligus pekerja kemanusiaan. Untuk peserta dari perwakilan lingkungan,dan juga anggota komunitas motor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan ini,” jelas Ketua RSB Kelurahan Bintaro Solihin.

Bintaro Emmy Sulistiawati sebelumnya menyampaikan bahwa pelatihan ini sangatlah bermanfaat, dan penting terutama untuk masyarakat bintaro dan khusunya para peserta yang nantinya akan menjadi kepanjangan tangan pemerintah bila terjadinya bencana diwilayah Kelurahan Bintaro.

“mitigasi tidak hanya berhenti pada saat setelah terjadi bencana, tidak sekedar  memiliki tas siaga, tahu cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana, perencanaan evakuasi, pembangunan infrastruktur saja. Mitigasi adalah sebuah rangkaian kegiatan pada fase pra bencana, saat bencana, dan paska bencana. Keterlibatan seluruh elemen dimasyarakat sangat menentukan keberhasilan upaya mitigasi disuatu wilayah,” terang Sekretaris Lurah yang pernah meraih penghargaan lurah terbaik yang merupakan 3 pilar terbaik se-NTB karena dapat menekan angka sebaran Covid-19.

Certified Coach Edie Nugroho menjelaskan bahwa bencana yang terkait dengan letak geografis Indonesia banyak mengakibatkan kerugian baik material maupun non material. Gempa Lombok, gempa dan tsunami Palu, tsunami Selat Sunda dan sejumlah gempa lainnya serta bencana banjir, longsor, angin puting beliung terbaru pandemic COVID-19 selalu menyisakan Pekerjaan Rumah yang panjang baik bagi pemerintah maupun masyarakat yang terdampak. 

Hal ini terjadi karena dalam penanggulangan bencana di negeri ini, masih didominasi penyelesaian-penyelesaian praktis atas kebutuhan-kebutuhan yang langsung terasa tetapi belum menyentuh dasar-dasar yang melahirkan sebuah kesadaran akan kesiapsiagaan, yang merupakan investasi jangka panjang ataupun sekali untuk selamanya. Pekerjaan rumah ini dapat segera selesai saat ada pihak lain yang ikut membantu menyelesaikannya dalam hal ini para relawan kebencanaan, terutama dalam hal mitigasi.

“Harapan saya dengan pelatihan ini akan melahirkan tenaga-tenaga relawan yang siap dan tangguh di setiap lingkungan di wilayah Kelurahan Bintaro,” sambung Solihin, Ketua Relawan Siaga Bencana Kelurahan Bintaro.

Turut menghadiri dalam acara pelatihan tersebut Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Bintaro, Kepala Lingkungan Sekelurahan Bintaro, dan dari Komunitas Motor LCR Lombok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Program 1000 Cendikia NTB, Potensi Solusi Masa Depan

Ming Feb 7 , 2021
getnews.id – Sebagai duta daerah NTB, tanggung jawab mahasiswa penerima beasiswa S2 luar negeri melalui program 1000 Cendekia, NTB Sehat dan Cerdas, NTB Gemilang tak sebatas keilmuan namun harus bisa memberikan solusi pembangunan masa depan. “Selain belajar, awardee juga harus mencari peluang apa saja yang bisa menjadi solusi pembangunan daerah […]