Ops Yustisi Terus Dilaksanakan di Sumbawa Barat, Kabag Ops : Jangan Sepelekan Corona

Sumbawa Barat – Tim gabungan Polri TNI dan instansi terkait terus melakukan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan covid-19 untuk mencegah penyebaran virus Corona yang saat ini masih terjadi.

Setelah kemarin melakukan Ops Yustisi di simpang Selek, hari ini Rabu (23/12) kegiatan yang sama dilakukan di simpang SMA Negeri 1 Taliwang Kelurahan Telaga Bertong dimulai sekitar pukul 09.00 WITA.

Dalam kegiatan tersebut Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto SH yang memimpin Ops Yustisi meminta masyarakat Sumbawa Barat tidak menyepelekan penyebaran Covid-19 karena virus tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Jangan sepelekan virus ini karena sangat berbahaya apalagi jika tertular pada lansia atau anak-anak yang mempunyai imunitas yang rendah,” ucap Iwan Sugianto, Rabu.

Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan pencegahan covid 19 akan terus dilakukan sebagai implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Provinsi NTB nomor 7 tahun 2020 dan Peraturan Kepala Daerah KSB nomor 41 tahun 2020 yang diikuti oleh anggota TNI Polri dan instansi terkait.

“Saya berharap semua anggota yang terlibat dalam operasi ini bekerjasama dengan baik karena tujuan kita untuk mendisiplinkan masyarakat agar tertib dalam penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan lainnya,” katanya.

Iya juga berharap personil yang melaksanakan tugas di lapangan agar selalu bersikap humanis dan proporsional. Ia berpesan, bagi pengendara yang tidak mau berhenti tidak usah dikejar, melaksanakan tugas sesuai SOP.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Sumbawa Barat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir agar terhindar dari penyebaran covid-19.

Dalam operasi yustisi tersebut tim gabungan TNI Polri dan instansi terkait melakukan pemeriksaan dan edukasi kepada warga yang melintas di jalan tersebut serta memberi sanksi pada pelanggar.

Kepada warga yang kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan atau tidak memakai masker, langsung diberikan sanksi denda atau sanksi sosial maupun sanksi teguran.

Sementara itu Paur Humas Polres Sumbawa Barat, Eddy Soebandi S.Sos juga meminta masyarakat agar tidak cepat mempercayai berita yang belum tentu kebenarannya, apalagi ikut menyebarkannya secara masif.

“Jangan menyebar berita yang belum pasti benar, jika kita menyebarkan maka akan ada sanksi pidananya,” ungkap Eddy.

Menurutnya, penyebaran berita bohong saat ini banyak terjadi di media sosial dan ia meminta warga untuk tidak langsung percaya sebelum mencari kebenarannya kepada pihak berwajib atau pihak tertentu.

Usai melaksanakan operasi yustisi anggota gabungan melaksanakan apel konsolidasi.

Kegiatan Ops Yustisi penggunaan masker berakhir pukul 10.00 wita berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

SE Pembatasan ke Luar Daerah Dikeluarkan Hari ini

Wed Dec 23 , 2020
Surat Edaran (SE) Gubernur NTB terkait Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan Pengetatan Pemberian Cuti Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi akan dikeluarkan hari ini. Hal tersebut disampaikan Sekertaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi, saat memimpin […]