KPU Sumbawa luncurkan GKS dan GCS

Sumbawa – Dalam rangka menjamin hak-hak masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan serentak Tahun 2020 pada tanggal 9 desember 2020, maka KPU harus dapat memastikan seluruh masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih telah terdaftar sebagai pemilih, berbagai upaya dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya terdaftar sebagai pemilih dan menumbuhkan kepedulian tentang seluruh proses penyusuanan daftar dan pemutkhiran data pemilih.

Salah satu upaya tersebut hari ini (18 juli 2020) KPU meluncurkan Gerakan Coklit Serentak (GCS) tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih Pilkada serentak 2020. Sebelumnya telah diluncurkan kegiatan Gerakan Klik Serentak (GKS).

Ketua KPU Sumbawa M. Wildan, M.Pd. mengatakan, kegiatan ini seiring dengan jadwal dilaksanakannya coklit mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 dan  dilakukan serentak  di 270 daerah yang melakukan pemilihan 2020.

“Pada kegiatan GKS ini masyarakat dapat melihat data dirinya apakah sudah terdaftar menjadi pemilih atau belum. Sehingga melalui GKS ini dapat menjadi alat bantu pengecekan data pemilih oleh masyarakat secara mandiri,” katanya disela-sela mendampingi PPDP melaksankan coklit serentak.

Lebih lanjut M.Wildan menjelaskan, masyarakat pemilih dapat melihat data dirinya tersebut dengan mengakses secara daring pada laman lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Meski demikian, konfirmasi ditetapkannya sebagai pemilih tetap melalui coklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sesuai undang-undang (UU) dan Peraturan KPU (PKPU) yang mengatur tentang pencocokan dan penelitian melalui PPDP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Babinsa Desa Keli Laksanakan Latihan Rutin Pramuka SWK Kodim 1608/Bima

Fri Dec 18 , 2020
Bima – Selaku pembina Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 1608/Bima, Babinsa Desa Keli Koramil 1608-04/Woha Sertu Agus Budi R. melaksanakan pembinaan dan latihan rutin organisasi kepramukaan SWK di pangkalan Koramil 1608-04/Woha, Jumat (18/12). Dalam kegiatan yang diawasi langsung oleh Danramil 1608-04/Woha Kapten Kav Sukahar tersebut terlihat para anggota Pramuka SWK […]