BPK Akui Efektivitas Penanganan Pandemi Covid-19 di NTB

Mataram – Berdasarkan hasil pemeriksaan kinerja atas efektivitas penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTB menyimpulkan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi NTB cukup efektif dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah yang hadir dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) atas penangangan Pandemi Covid-19 mengapresiasi sinergi yang telah dilakukan BPK NTB dengan Pemerintah Provinsi NTB dan DPRD Provinsi NTB dalam menangani masalah kesehatan Covid-19.

“Alhamdulilah kinerja BPK dengan Pemerintah Daerah sangat baik, sehingga BPK NTB dapat bekerja dengan maksimal dan semoga kerjasama ini bisa terus dilanjutkan,” tutur Gubernur NTB di Auditorium BPK Perwakilan NTB, Jumat, 18 Desember 2020.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTB, Hery Purwanto menjelaskan bahwa pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengukur apakah penanganan pandemi Covid-19 telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Pemeriksaan kinerja atas efektivitas penanganan pandemi Covid-19 pada Pemprov NTB meliputi, pengelolaan atas pengujian, penelusuran kasus, perawatan dan edukasi serta sosialisasi,” jelasnya.

Melalui rekomendasi hasil pemeriksaan BPK lanjutnya, Pemprov NTB diharapkan membuat dan melaksanakan perbaikan kebijakan yang tepat sasaran.

“Mengingat rekomendasi hasil pemeriksaan mempunyai karakteristik, antara lain rekomendasi diberikan hanya kepada pihak yang bertanggung jawab dan rekomendasi harus disampaikan sejalan dengan tujuan, temuan dan kesimpulan hasil pemeriksaan, ” tutupnya.

Sedangkan Wakil Ketua I DPRD Provinsi NTB, Mori Hanafi mengucapkan rasa syukurnya kepada BPK NTB yang telah memberikan saran dan masukan kepada Pemerintah Provinsi NTB. Ia berharap sinergi dan kerjasama yang baik terus dijalankan untuk mengurangi kekeliruan dan dapat dijadikan pembelajaran bagi Pemerintah Daerah Provinsi NTB.

“Kami atas nama DPRD Provinsi NTB, terima kasih atas penyerahan LHP ini. Semoga dapat dijadikan pembelajaran bagi Pemerintah Daerah Provinsi NTB kedepannya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

NTB Segera Miliki Pabrik Pakan Ternak di STIPark Banyumulek

Fri Dec 18 , 2020
Mataram – Walaupun ditengah Pandemi COVID-19, pembangunan di NTB tetap berjalan sesuai dengan proporsional. Progress pembangunan pabrik pakan ternak yang dibangun di STIPark Banyumulek, Lombok Barat (Lobar) kini sudah mencapai 80 persen. Pembangunan pakan ternak unggas ini menjadi bagian dari program industrialisasi yang sedang digaungkan oleh Pemprov NTB. Gubernur NTB […]