Momen HUT ke-62 NTB, Wagub Apresiasi Guru Inovatif dan Kreatif

Mataram – Dalam rangka menyambut perayaan hari ulang tahun (HUT) ke 62 Provinsi NTB yang jatuh pada hari Kamis, 17 Desember 2020. Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, didampingi Kepala Dikbud Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, memberikan apresiasi kepada guru inovatif dan kreatif di NTB. Pemberian apresiasi berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, Rabu, 16 Desember 2020.

Dalam kesempatan tersebut, selain penyerahan apresiasi kepada guru inovatif dan kreatif, juga dilakukan serah terima hasil pekerjaan dana alokasi khusus (DAK) fisik/nonfisik dan penyerahan beasiswa luar dan dalam negeri tahun 2020.

Dalam sambutannya, Wagub mengatakan pemberian apresiasi ini menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah terhadap peningkatan kualitas pendidikan di NTB.

Wagub mengingatkan agar pembangunan infrastruktur pendidikan harus selalu sejalan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia. “Kalau kita bangun infrastruktur tanpa membangun SDM maka akan sia-sia,” ujarnya.

Ke depan, Wagub meyakini, universitas-universitas di NTB akan terus berbenah dan meningkatkan kualitasnya. Begitu juga dengan SMA/SMK, agar terus melakukan inovasi dan menghasilkan temuan-temuan yang luar biasa. Ia berharap, hasil karya-karya luar biasa ini harus terus kita keluarkan, untuk meningkatkan kepercayaan diri kita, sehingga mampu bersaing dengan negara lain.

“Percaya diri sebagai modal kita untuk bersaing dengan negara lain,” ujarnya.

Untuk itu ia mengajak kepada semua pihak, untuk jangan membesar-besarkan kekurangan, namun sesungguhnya prestasi, inovasi dan hasil karya inilah yang harus kita besarkan.

Oleh karena itu lanjutnya, dalam melakukan pembangunan pendidikan jangan hanya terpaku pada fisik, dengan sarana prasarana yang mewah, namun kualitas SDMnya rendah. “Pembangunan sarana fisik harus sejalan dengan peningakatan kualitas SDM,” pintanya.

Dalam setiap kesempatan, Wagub juga selalu mengingatkan agar dalam setiap kegiatan selalu menerapkan protokol kesehatan. Karena dengan penerapan prokes di setiap aktivitas sehari-hari kita akan membuat kita bisa produktif di masa pandemi saat ini.

“Mudah-mudahan semua ini cepat berlalu, dan ini kuncinya adalah kedisiplinan kita semua. Selamat HUT NTB ke-62, terimakasih atas kontribusi seluruh pihak atas pembangunan di NTB,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dikbud Provinsi NTB, dalam laporannya mengatakan, pemberian apresiasi kepada guru inovatif dan kreatif di NTB, merupakan hadiah di ulang tahun NTB ke-62.

Apresiasi guru inovatif dan kreatif bidang teknologi, sebanyak 17 temuan teknologi tempat guna yang dihasilkan SMK di NTB. Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada guru dan Kepala sekolah dengan hasil karya berupa penulis buku.

“Guru berprestasi yang kreatif dan inovatif ini kita harapkan kedepan, bisa menjadi fasilitator bagi guru-guru lain di NTB,” ujarnya.

Dijelaskan, selain pemberian apresiasi kepada guru inovatif dan kreatif, juga dilakukan serah terima hasil pekerjaan dana alokasi khusus (DAK) fisik/nonfisik dan penyerahan beasiswa luar negeri dan dalam negeri tahun 2020.

“Total serapan beasiswa NTB sampai dengan tahun 2020 sebanyak 1.371 orang. Dengan rincian sebanyak 551 orang untuk beasiswa luar negeri, Beasiswa Miskin Berprestasi sebanya 330 orang dan Beasiswa Stimulan sebanyak 490 orang,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gubernur NTB Bersama Menteri Agama RI Resmikan IAHN Kota Mataram

Rab Des 16 , 2020
Mataram – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, S.IP, SH, MH, meresmikan Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja – Kota Mataram. Acara yang berlangsung dengan protokol kesehatan yang sangat ketat tersebut terlaksana di halaman kampus IAHN. Di hadapan tamu, Menteri mengapresiasi […]