Gerakan Pramuka Menanam,Target 1 Juta Pohon di Tahun 2021

Lombok Barat – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc., optimis terget penanaman satu juta pohon melalui Gerakan Pramuka Menanam di tahun 2021 dapat tercapai.

Hal tersebut disampaikan Bang Zul saat membuka kegiatan “Gerakan Pramuka Menanam” bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (11/12).

“Menanam pohon ini adalah langkah awal untuk perjalanan Panjang” tutur Doktor Ekonomi Industri Tersebut usai kegiatan menanam pohon.

Kegiatan kali ini merupakan rangkaian upaya Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama masyarakat untuk terus bergerak wujudkan NTB Hijau yang menjadi program salah satu misi NTB yaitu Asri dan Lestari, salah satunya dengan bersama seluruh anggota pramuka untuk menanam pohon. Sedangkan, target penanaman bibit pohon pada tahun 2020 ini adalah sebanyak 100 ribu bibit yang telah diserahkan kepada Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi NTB.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Provinsi NTB ini juga mengungkapkan bahwa musim penghujan adalah saat yang tepat untuk menanam pohon, hal ini dikarenakan kondisi air yang melimpah. Selain itu, kegiatan menanam pohon juga menjadi hobi dan passion yang sangat digemarinya. “Salah satu hobi dan passion saya adalah menanam pohon. Ada kepuasan tak terkira melihat pohon yang kita tanam menjulang tinggi, membesar dan menghasilkan keteduhan” ucap Gubernur Zul.

Senada dengan Gubernur NTB, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka NTB Drs. H. Fathul Gani, M.Si menyambut optimis penanaman pohon sebanyak 100 ribu bibit pohon. Pohon yang ditanam bukan hanaya tanama pelindung tetapi juga tanaman rumah tangga seperti sayuran dan buah – buahan.

“Gerakan pramuka seluruh kwartir cabang se-NTB siap melaksanakan grakan peramuka menanam untuk tahun ini” tuturnya.

Dalam sambutannya Kak Fathul juga mengungkapkan bahwa Bumi Perkemahan Karang Bayan, Lobar merupakan salah satu sejarah panjang perjalanan Gerakan pramuka di NTB.

“Bumi Perkemahan Karang Bayan yang luasnya sekitar 2,2 H menandakan “historical” Gerakan pramuka termasuk Bumi Perkemahan Gerakan pramuka yang ada di jalan pemuda kota mataram” tuturnya.

Sementara itu, salah satu anggota pramuka, I Wayan Jyesta Jaya Taruna dari SMAK Kesuma Mataram mengaku sangat antusias dengan Gerakan Pramuka Menanam. “Kami sangat senang bisa ikut dan turun langsung menanam pohon, karena masa pandemi ini, jadi susah untuk kemana – mana tapi setelah kegiatan ini jadi makin senang dan ingin menanam pohon” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Program 1000 Desa Sapi, NTB Songsong Swasembada Daging

Jum Des 11 , 2020
Lombok Tengah — Guna memastikan Program 1000 desa Sapi terlaksana dengan baik, serta mewujudkan swasembada daging sapi nasional di tahun 2026, Kementerian Pertanian RI melakukan kunjungan ke 5 desa yang ditunjuk sebagai pilot project program 1000 desa sapi, yang berasa di Kec. Pujut Lombok Tengah. Perwakilan ditjen PKH Kementerian Pertanian […]