Pemda Lobar Berikan Bantuan Peralatan Pada Pelaku UMK

Lombok Barat – Salah satu bentuk implementasi Pemda Lobar dalam menindak lanjuti Strategi Pemulihan Ekonomi di Era Pandemi Covid 19. Sekda Lobar Dr. H. Baehaqi, menyerahkan bantuan peralatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil ( UMK) Se-Kabupaten Lombok Barat, penyerahan bertempat di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat, Jumat (04/12/2020).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lobar H. Fadjar Taufik, Inspektur Inspektorat Lobar H. Ilham, Kasat Pol PP Lobar Baiq Yeni Satriani Ekawati, para Tim Pembina  Pengembang UMK Kabupaten Lombok Barat dan seluruh penerima bantuan peralatan UMK serta industri se-Kabupaten Lombok Barat.

Dalam sambutannya, H. Baehaqi  mengatakan bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Lombok Barat kepada pelaku usaha mikro agar menjadi motivasi mengembangkan usahanya di masa pandemi covid 19.

“Melalui dinas Koperasi dan UKM Lobar menyalurkan bantuan bagi para pelaku UMKM untuk membangkitkan perekonomian di Kabupaten Lombok Barat dalam bentuk peralatan kerja yang sesuai dengan jenis usahanya. Harapannya bisa betul-betul digunakan untuk penguatan usaha yang sedang berjalan saat ini dan menjadi solusi kebangkitan usaha bapak/ibu,” ujarnya.

Tak ketinggalan, Sekda Lobar juga mengingatkan dan meminta kepada para  pelaku UMKM untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid 19, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Jika kita semua patuh, tingkat kesembuhan Covid 19 semakin meningkat di Kabupaten Lombok Barat dan NTB umumnya” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Lobar  H. Fadjar Taufik dalam laporannya mengatakan, dalam upaya akselerasi pemulihan Ekonomi Nasional di tengah pandemi Covid 19, melalui pemberian peralatan oleh Pemda Lobar diharapkan kepada para pelaku usaha mikro untuk dapat terus bertahan di tengah melemahnya perekonomian Nasional, serta mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produknya.

Bantuan peralatan diberikan kepada 145 pelaku UMK yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat. Jenis bantuannya sebanyak 12 jenis antara lain Peralatan  Olahan Makanan Kue Kering/Basah, Peralatan Keripik, Peralatan Kemasan Produk, Peralatan Konveksi, Peralatan Kopi,  Peralatan Bengkel Las, Peralatan Tata Rias, Peralatan Pertukangan Kayu, Peralatan Perbengkelan, Peralatan Barber shop, Peralatan Olahan Makanan Bakso dan Peralatan Percetakan Batako.

Peralatan ini bersumber dari Dana Insentif Daerah Fase 1, Dana insentif Daerah Fase 3, dan Dana Bantuan tidak terduga.

Taufik berharap dengan pemberian bantuan ini, agar produk-produk UMK Kabupaten Lombok Barat dapat masuk ke dalam retail-retail modern dan mampu bersaing dengan produk-produk lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wabup Lombok Timur Launching Labelisasi Rumah KPM

Mon Dec 7 , 2020
Lombok Timur – Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi SJ me-lauching labelisasi rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Senin (7/12). Labelisasi ini menurut Wabup merupakan bentuk transparansi terkait keluarga yang menerima bantuan dari pemerintah. Ditambahkan pula labelisasi ini diiringi juga dengan update data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) secara berkala sesuai […]