Rapat Koordinasi Pilkada Kota Mataram 9 Desember 2020

Mataram – Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Mataram L. Martawang menghadiri rapat persiapan menjelang Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram 9 Desember 2020, yang diselenggarkan KPU Kota Mataram, bertempat di Hotel Santika, Kota Mataram, Kamis (3/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Kota Mataram Husni Abidin memastikan seluruh persiapan teknis telah mencapai 90%, mulai dari distribusi logistik, kesiapan keamanan, antisipasi kesehatan, serta hal-hal teknis lainnya.

Logistik Pilkada mulai tersalurkan sejak hari ini (3/12), khususnya bahan yang bersifat anti air dan lembab. Sisanya secara bertahap seperti Alat Pelindung Diri (APD), thermo gun, dan terakhir kotak suara akan disalurkan pada hari Selasa (8/12). Semua logistik yang didistribusikan akan terpusat di setiap kantor lurah se Kota Mataram.

Adapun dari segi kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Mataram akan menurunkan ambulance untuk mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat selama proses pencoblosan, terlebih dengan situasi pandemic Covid-19. Disamping itu semua petugas seperti panitia, pengawas maupun saksi diharuskan melakukan rapid test sebelum hari pemilihan.

Selain itu, Ketua KPU Kota Mataram juga bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Mataram untuk mengimbau seluruh warga melalui khutbah Jum’at untuk turut aktif memilih dan menyukseskan Pilkada 2020. Hal ini penting dilakukan guna meningkatkan partisipasi pemilih, kerjasama ini untuk mendukung petugas yang akan berkeliling di seluruh wilayah Kota Mataram pada tanggal 7 dan 8 Desember 2020.

Urusan teknis lainnya, KPU Kota Mataram juga mengantisipasi rekapitulasi suara barbasis online, dengan fasilitas dari PLN juga diturunkan untuk mengantisipasi aliran listrik putus karena kajadian tak terduga ditempat pemilihan.

Menanggapi persiapan KPU Kota Mataram tersebut Asisten I Setda Kota Mataram L. Martawang mengapresiasi persiapan KPU Kota Mataram dan pihak-pihak terkait.
Selebihnya Martawang meminta kepada semua pihak untuk memperhatikan skema penyaluran yang telah ditetapakan oleh KPU khususnya dalam distribusi dari kelurahan ke TPS, “jangan sampai ada persoalan waktu,” pintanya.
Dalam hal ini, L. Martawang meminta Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Mataram untuk membawahi perangkat koordinasi dari kecamatan dan kelurahan.

Selain itu, Asisten I juga mengingatkan semua panitia yang terlibat dalam pemilihan untuk memperhatikan kesehatan selama proses Pilkada, sehingga sangat penting bagi petugas untuk disiplin selama pemilihan berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dandim 1607/Sumbawa Membuka Apel Danramil Dan Babinsa Tersebar Kodim 1607/Sumbawa

Jum Des 4 , 2020
Sumbawa – Komandan Kodim 1607/Sumbawa, Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han), secara resmi membuka Apel Danramil dan Babinsa Tersebar Kodim 1607/Sumbawa Tahun 2020 di Aula Makodim 1607/Sumbawa, Jumat (04/12/2020). Apel yang dihadiri Para Perwira Staf Kodim 1607/Sumbawa, para Danramil jajaran Kodim 1607/Sumbawa dan Babinsa jajaran Kodim 1607/Sumbawa mengusung tema […]