1.030 Bibit Pohon Ditanam Oleh Proklim “Joben Lestari” Untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Selong, – Proklim (Program Kampung Iklim) “Joben Lestari” melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon di wilayah Dusun Joben, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, pada Senin (30/11/2020).

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur dan masyarakat Dusun Joben yang tergabung dalam kelompok Proklim “Joben Lestari”. Dusun Joben merupakan penerima trofi penghargaan Proklim Utama tingkat nasional pada bulan Oktober lalu.

Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika semua masyarakat di wilayah Dusun Joben terutama anggota proklim sangat giat melakukan penghijauan.

Ketua Proklim, Karti mengatakan bahwa kegiatan penanaman kali ini pada umumnya ditujukan untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan pada khususnya untuk melindungi mata air serta menjaga struktur tanah.

“kegiatan penanaman kali ini pada umumnya ditujukan untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan pada khususnya untuk melindungi mata air serta menjaga struktur tanah, lebih lebih pada musim hujan seperti saat ini, ” Ungkapnya

Selain dihadiri anggota Proklim, kegiatan penanaman dihadiri juga oleh Kepala Resort Joben TNGR beserta beberapa staf, Kawil Joben, KMPH (Kelompok Masyarakat Peduli Hutan) Sadar Lestari, Bank Sampah Joman, dan pengelola Joben Eco Park. Kegiatan penanaman pohon ini juga sering dilakukan di Joben Eco Park bersama KMPH dalam bentuk paket penanaman pohon yang dilakukan di dalam kawasan TNGR.

Sedangkan Bank Sampah Joman berperan mengelola sampah organik dan anorganik di wilayah Dusun Joben dan sekitarnya. Dalam kegiatan penanaman tersebut terdapat sebanyak 1.030 bibit yang ditanam dengan jenis kaliadem, salam, rajumas, nangka, durian, dan alpukat. Bibit kaliadem, salam, dan nangka ditanam di seoanjang pinggir jalan Dusun Joben. Sementara itu, bibit durian, alpukat, dan rajumas ditanam di halaman rumah dan pematang sawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tingkatkan Kesiapsiagaan Personil, Kodim 1606/Lobar Gelar Latihan Pemadaman Kebakaran

Wed Dec 2 , 2020
Mataram, – Dalam Rangka Meningkatkan Kesiapsiagaan Anggota Personil, Kodim 1606/Lobar menggelar Kegiatan Latihan Pemadaman Kebakaran bersama Damkar Kota Mataram di Lapangan Apel Makodim 1606/Lobar, Rabu, (02/12/2020) Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 60 orang tersebut juga dihadiri langsung oleh, Dandim 1606/Lobar, Kolonel Arm Gunawan S.sos. MT., Pasi Ops Kodim 1606/Lobar, Mayor […]