Pengamanan Hari Libur Panjang, Polres Lobar Juga Antisipasi Cuaca Buruk

Lobar – Dalam mengantisipasi hari libur panjang memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Polres Lombok Barat melakukan pengamanan di tempat-tempat wisata di Wilkum Polres Lombok Barat, Kamis (29/10).

Diantaranya di kawasan wisata Senggigi, dimana dalam kegiatan pengamanan ini dihadiri oleh Wakapolres Lobar Kompol L. Salehudin SH.

Pada kesempatan itu dalam arahannya Wakapolres Lobar menekankan bahwa kegiatan pengamanan dilaksanakan dalam rangka menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas serta menjamin penerapan protokol kesehatan covid -19 di tempat-tempat wisata guna mencegah timbulnya cluster tempat wisata dalam liburan panjang nasional.
“Untuk cara bertindak dilakukan secara humanis, dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif ungkapnya.

Pergelaran personel pengamanan itu sendiri, ditempatkan pada pos-pos pengamanan di tempat-tempat wisata yang berpotensi ramai pengunjung.
Sementara itu, PLH Kabag Ops Polres Lobar AKP Gede Ariadana, SH mengatakan kegiatan pengamanan serupa juga dilakukan oleh Polsek jajaran Polres Lombok barat.
“Adapun kegiatan yang dilakukan, diprioritaskan berupa himbauan terkait Perda No. 7 tahun 2020 terutama Protocol Kesehatan dalam penggunaan masker di tempat wisata,” ungkapnya.

Karena Mengedepankan himbauan, maka bagi yang belum mematuhi protocol Kesehatan dilakukan teguran, serta dihimbau putar balik arah untuk melengkapi diri dengan masker terlebih dahulu.
“Kegiatan ini merupakan untuk menindak lanjuti atensi pemerintah, untuk melakukan kegiatan pengamanan bersama instansi terkait untuk mencegah terjadinya kluster baru penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Untuk itu, AKP Gede Ariadana, SH menghimbau kepada masyarakat dalam libur Panjang ini, harus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.
“Agar bersama-sama saling mengingatkan baik penerapan protocol Kesehatan untuk diri sendiri, maupun terhadap masyarakat lainnya,” imbuhnya.

Adapun dalam pelaksanaannya, personel pengamanan ini ditempatkan pada pos-pos pengamanan, melakukan pemeriksaan terkait penerapan protocol Kesehatan.
Selain dipusatkan di Tempat Wisata Senggigi, kegiatan pengamanan juga dilakukan di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, seperti di pantai kuranji Kecamatan Labuapi, pantai induk kecamatan Gerung, pantai cemara kecamatan Lembar, dan pantai elak elak kecamatan Sekotong.
“Dimana lokasi-lokasi wisata tersebut diprediksi ramai pengunjung, disamping itu Polres Lobar juga menyiagakan pengamanan perairan, untuk mengantisipasi cuaca buruk,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut, sejumalah kapal dan personel Sat Polair juga telah disiagakan di Pangkalan Senggigi dan Pangkalan Lembar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peringati Sumpah Pemuda, OKP di NTB Deklarasi Pilkada Damai dan Harmonis

Fri Oct 30 , 2020
Mataram – Sejumlah OKP yang tergabung dalam Cipayung Plus dan Mahasiswa NTB, Rabu (28/10), menggelar Deklarasi Pilkada Damai dan Harmonis, di Taman Sangkareang Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Deklarasi tersebut sebagai rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020. Direktur Reserse Narkoba Polda NTB Kombes Pol. Helmi Kwarta Kusuma […]