Upayakan Pencegahan Penularan COVID-19, Gubernur Keluarkan SE Cuti Bersama

Mataram – Cuti bersama dan peringatan maulid nabi Muhammad Saw menjadi libur panjang bagi karyawan swasta ASN untuk tahun ini. Tal terkecuali provinsi NTB. Namun, ditengah Pandemi ini, tentunya liburan dan berekreasi adalah pilihan bagi masyarakat yang mendapatkan jatah libur panjang tersebut.

Untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19 di masa libur panjang, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang mengatur tentang tata cara berlibur agar terhindar dari penularan COVID-19.

Dalam SE Nomor 060/156/ORG, tanggal 17 April 2020 tentang Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020, bahwa Hari Libur Nasional Tahun 2020 tanggal 29 Oktober 2020 (Maulid Nabi Muhammad SAW) dan Cuti Bersama Tahun 2020 tanggal 28 dan 30 Oktober 2020, Gubernur menyampaikan bahwa penerapan protokol kesehatan harus tetap diutamakan.

“Mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat (menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan) dengan tetap berpedoman pada Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular,” katanya.

Untuk Pegawai ASN dan keluarga diminta untuk tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah. Apabila ASN dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah, maka harus terlebih dahulu melakukan Rapid Test Anigen atau Swab pada H-1 sebelum berangkat dan setelah pulang dari perjalanan.

“Bila hasil tesnya dinyatakan reaktif atau positif Covid-19, pegawai ASN membatalkan melakukan perjalanan dan melakukan isolasi mandiri serta melaporkan kepimpinan perangkat daerah masing-masing,” jelasnya.

Gubernur juga meminta kepada masyarakat untuk mensosialisasikan tagline berlibur aman, nyaman dan tanpa kerumunan dengan keluarga di rumah saja. “Menyampaikan informasi positif dan benar (bukan hoax) kepada masyarakat tentang Covid-19 melalui

  1. media sosial masing-masing dan media sosial resmi perangkat daerah,” tuturnya.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) lanjutannya, tetap melakukan koordinasi dan pengawasan dengan aparatnkeamanan dalam rangka penegakan penerapan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peringatan Sumpah Pemuda Ke-92, Momentum Bersatu Lawan Covid-19

Wed Oct 28 , 2020
Mataram – Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, menegaskan, semangat sumpah pemuda harus terus menyala sebagaimana ikrar pertama kali yang terucap pada 28 Oktober 1928 silam. Peringatan Hari┬áSumpah Pemuda┬áke-92 tahun 2020 ini juga merupakan momentum membangun kolaborasi bersama untuk melawan dan mencegah penyebaran Covid-19. “Sumpah pemuda harus dinilai sebagai energi […]