Joko : Program Kampung Sehat Semata-Mata Untuk Memutus Mata Rantai Covid-19

Lombok Barat – Kampung Sehat Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar yang mewakili Polresta Mataram pada Lomba Kampung Sehat Nurut Tatan Baru tingkat Provinsi NTB, sudah dinilai oleh tim penilai tingkat provinsi.

Penilaian dilaksanakan hari Sabtu (24/10/2020) dimulai sekitar pukul 14.45 wita. Bertempat di Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Tim penilai provinsi beranggotakan 6 orang yang diketuai oleh Joko Jumadi. Rombongan tim penilai disambut cukup meriah di Desa Gegelang. Setelah itu digelar pertemuan di Kantor Desa Gegelang.

Rombongan tim penilai langsung menyaksikan video selayang pandang tentang Kampung Sehat Desa Gegelang.
Kepala Desa Gegelang, H Husnu Muhtar dalam sambutannya kepada tim penilai provinsi menyampaikan, program kampung sehat telah memberikan perubahan dari segi fisik dan mental untuk masyarakat Desa Gegelang. Yaitu dengan membangun konsep sederhana seperti breuk begawean. Juga breuk pinter dan sehat yang memiliki arti bersama-sama. Konsep tersebut tertuang dalam peraturan Desa (perdes) yang mengatur tentang kesehatan dan kebersihan, kehidupan sosial dan keamanan bagi Desa Gegelang. ‘’ Alhamdulillah Desa kami juara 1 untuk tingkat Polresta Mataram dan semoga kami bisa kembali juara 1 ditingkat provinsi. Kami percaya kepada tim penilai memiliki dedikasi untuk menjalankan penilaian,’’ ungkap Kades Gegelang, H Husnu Muhtar.
Ketua tim penilai kampung sehat tingkat Provinsi NTB, Joko Jumadi menyampaikan, Desa Gegalang adalah kampung sehat ke-17 yang dikunjungi tim penilai. Kemudian disampaikan, program kampung sehat semata-mata merupakan niat tulus Kapolda NTB untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di NTB. ‘’ Kami tidak menilai virus itu ada apa tidak. Tapi bagaimana upaya pemerintah memutus mata rantai Covid-19,’’ tutur Joko.

Parameter penilaian ditekankan kepada upaya tangguh menghadapi Covid-19. Sehingga bidang kesehatan yang menjadi hal utama parameter nilai lomba Kampung Sehat. ‘’ Penilaian Lomba tidak hanya sampai pada penilaian lomba kampung sehat ini. Namun selanjutnya kami akan masuk penjurian pada kampanye sehat, dan program-program tidak akan selesai pada tahun ini. Tapi akan berlanjut hingga tahun 2021,’’ katanya.

Kampung Sehat dinilai pada empat aspek penilaian. Yaitu bidang kesehatan, bidang keamanan, bidang sosial ekonomi dan bidang kelembagaan. Tim penilai turun langsung melakukan penilaian diempat bidang tersebut. Satu persatu aspek kampung sehat dinilai secara menyeluruh. Sekitar pukul 17.30 wita. Seluruh rangkaian penilaian Kampung Sehat di Desa Gegelang berakhir dengan aman dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kapolres Loteng Gelar Operasi Zebra Rinjani Guna Antisipasi Libur Panjang Ditengah Pandemi

Sun Oct 25 , 2020
Lombok Tengah – Polres Lombok Tengah menggelar Pelatihan Pra Operasi (Latpra Ops) Zebra Rinjani tahun 2020 yang berlangsung di Aula Mako Polres Lombok Tengah, Sabtu (24/10). Lat Pra Operasi Zebra Rinjani 2020, dipimpin langsung oleh Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho, S.I.K. Hadir pula dalam kegiatan yakni Para Kabag, […]