Bangun Ekonomi Masyarakat Ditengah Pademi, Gubernur NTB Resmikan Sembalun Seven Summits

Lombok Timur – Rayakan Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah provinsi NTB resmikan Sembalun Seven Summits guna gelorakan kembali semangat kaum muda dalam menaklukkan 7 bukit tertinggi di Sembalun. Tidak hanya itu, Sembalun Seven Summits sebagai salah satu upaya dalam membangkitkan perekonomian masyarakat Sembalun di tengah pandemi.

“Momentum Sembalun Seven Summit ini erat kaitannya dengan Pemuda dan sejarah peradaban manusia membuktikan bahwa, semua inisiasi sebuah movement tidak akan bergerak, kalau tidak dilakukan oleh pemuda dan saya kira momentum pemuda hari ini luar biasa,” ujar Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat memberikan sambutan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda, Minggu, 25 Oktober 2020 di Rest Area Sembalun, Lotim.

Sembalun Seven Summits yang diinisiasi oleh pemuda Sembalun ini mendapat apresiasi oleh Gubernur. Gubernur berpesan agar gerakan ini juga dapat diikuti dengan sepenuh hati, sehingga dalam diri akan tumbuh rasa ketentraman.

“Saya kira kalau kita naik, kita akan lihat bulan, kita lihat bintang, kita lihat matahari. Semakin tinggi kita naik, menjelajahi, maka semakin dalam kita akan menjelajahi jiwa dan perasaan kita sendiri karena itu, selamat pada pencanangan acara ini, mudah-mudahan bisa bersinergi,” ungkap Gubernur.

Terakhir, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Gubernur meresmikan secara langsung Sembalun Seven Summits. “Mudah-mudahan mendatangkan keberkahan buat daerah kita, membantu ekonomi masyarakat dan membahagiakan kita semua, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim acara ini kita luncurkan, mudah-mudahan sukses di kemudian hari,” tutup Gubernur.

Sementara itu, Plt. Kadispora NTB, Drs. H. Surya Bahari menjelaskan bahwa meski saat ini pandemi Covid-19 masih dirasakan akan tetapi sebagai seorang pemuda dalam meniti masa depan harus tetap optimis.

“Puncak acara Hari Sumpah Pemuda dilaksanakan di Sembalun yang dirangkai dengan kegiatan launcing Sembalun seven Summits. Konsep ini adalah konsep pertama di Indonesia yang bernuansa wisata petualangan, pendakian gunung berupa tantangan menaklukkan 7 gunung di kawasan Sembalun Lombok Timur,” ujarnya.

Melalui peringatan sumpah pemuda ini, lanjutnya, menjadi titik balik untuk kembali mengejar peran pemuda untuk membangkitkan gairah dan semangat masyarakat untuk kembali beraktivitas, bekerja dan berwirausaha serta mengabdi meski di situasi pandemi seperti saat ini.

“NTB saat ini sangat membutuhkan karya-karya kreatif dan terbaik hasil olahan pikiran, rasa karsa pemuda-pemudanya, hasil karya-karya asli putra putri kita dalam berwirausaha, inilah yang nantinya akan memperkuat daya saing daerah kita di kancah nasional, maupun internasional,” tuturnya.

Lebih jauh, pada bidang kepemudaan, misi NTB sejahtera dan mandiri, dituangkan dalam program upaya penumbuhan kewirausahaan dan kecukupan hidup pemuda, khususnya industri olahraga dan industri kreatif, untuk mendukung event MotoGP yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang.

“Kami menjadi pencetak wirausaha muda yang terstruktur, sistematis dan masif, menuju iklim kewirausahaan yang kondusif, dapat kami wujudkan mulai detik ini. Mari mulai saat ini kita berkontribusi menghasilkan karya-karya terbaik hasil olah pikiran dan jiwa kita,” ujarnya.

Terakhir, Ia berharap bahwa semangat para pemuda 92 tahun yang lalu, harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia untuk bangsa dan tanah air tercinta.

“Keberhasilan pemuda terdahulu menyatukan hati dan fikiran bangsa indonesia terus harus oleh para pemuda Indonesia dengan meyakinkan harapan akan masa depan kita yang lebih baik dan lebih gemilang,” tutupnya.

Giat tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Lombok Timur, Wakil Bupati Lombok Timur, Forkopimda Prov. NTB, Sekda Prov. NTB, Asisten I Prov. NTB, Dispar Prov. NTB, Dinas LHK dan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tak gunakan masker ditempat umum, para pelajar ini dapat ‘hadiah’ push-up

Sun Oct 25 , 2020
Sumbawa Besar – Sejumlah pelajar mendapatkan hadiah push up dari Polisi karena kedapatan tidak menggunakan masker saat berada ditempat umum diwilayah Kelurahan Uma Sima Kecamatan Sumbawa, Sabtu 25/10/2020. Para pelajar dari salah satu sekolah menengah atas di Kecamatan Sumbawa tersebut berdalih bahwa tidak memakai masker karena lupa membawa. Kasat Sabhara […]