Peduli Ketahanan Pangan di tengah Pandemi, Kodim 1606/Lobar gelar Panen Raya Padi

Narmada – Ditengah pandemi Corona Virus Desease (COVID-19) Kodim 1606/Lombok Barat menggelar acara Panen Raya padi sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan masyarakat, di Dusun Baturimpang Selatan, Desa Badrain Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, Selasa (6/10/2020).

Dengan mengangkat tema : Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Wujud Kepedulian TNI AD Terhadap Perekonomian Bangsa, Dandim 1606/LOBAR Kolonel Arm Gunawan, S.Sos., MT., yang memimpin langsung kegiatan tersebut berharap kedepan kerjasama dengan TNI AD khususnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Badrain, tidak hanya pada petani padi tetapi dikembangkan agar menjadi petani yang professional.

“Dengan melihat potensi SDA yang ada di Desa Badrain ini tak hanya sektor pertaniannya yang bisa kita kembangkan namun juga budidaya ikan dan wisata pertaniannya,” ungkap Dandim.

Kegiatan Panen ini, lanjut Kolonel Arm Gunawan, adalah sebagai bentuk kemandirian kita dalam usaha ketahanan pangan ditengah pandemi virus corona.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga mengapresiasi sinergitas yang dijalin oleh para Babinsa dan PPL pendamping di Desa Badrain, yang telah berhasil mendampingi para petani dalam mengolah lahan pertanian.

Menurutnya, sektor pertanian menjadi harapan untuk menjaga ketersediaan pangan secara nasional khususnya di wilayah Lombok Barat dan NTB, sehingga harus memperhatikan kesejahteraan petani dengan menjaga kesetabilan harga jual produk pertanian.

Tak lupa Dandim mengingatkan masyarakat agar menjaga diri dan keluarga dari Covid-19 tentunya dengan tetap mematuhi dan melaksanakan imbauan dan kebijakan pemerintah sehingga semuanya berjalan optimal.

Dalam kegiatan panen raya tersebut pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menggunakan masker dan social distancing serta physical distancing hadir Camat Narmada M. Busayri, SE., M.M., Pasiterdim 1606/Lobar Mayor Inf Raden Sugondo, Kapolsek Narmada Kompol I Nyoman Nursana, SH., Danramil 1606-08/Narmada Kapten Inf M. Yuni. P., Kepala UPTD Kecamatan Narmada Drs. Moh. Suherman, Kades Badriah Sdr. Romy Purwadi,S.Pd., Ketua Poktan Lingkuk Ketapang Desa Badrain Sdr.Drs. H. Muh Mahsun., serta Tokoh Agama dan Tokoh masyarkat Desa Badrain dan Anggota Poktan Desa Badrain.

Rencananya pada Kamis (8/10) Kodim 1606/Lobar juga akan menggelar panen jagung di wilayah Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wagub NTB : Giat Sosialisasi tak boleh Kendor di Masa Pandemi

Tue Oct 6 , 2020
Mataram – Dalam upaya menahan laju kanker payudara di Indonesia, terlebih di Provinsi NTB, Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi NTB menjalin kerjasama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI). Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum BKOW NTB menerangkan bahwa kanker payudara ini […]