Posyandu Keluarga Berstandar Protokol Kesehatan Diresmikan

Lombok Barat – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah melakukan kunjungan kerja ke Posyandu Keluarga Terintegrasi di Lombok Barat (Lobar) sekaligus launching Posyandu Keluarga di Desa Midang, Kecamatan Gunungsari, Senin (5/10).

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Desa Midang.

“Saya sangat bangga punya kepala desa seperti Kades Midang. Pak Kades memahami betul apa yang dilakukan kepada masyarakatnya, bisa berusaha menggerakkan ekonomi, pendidikan, kesehatan,” puji Ummi Rohmi.

Dari segi kesehatan, lanjut Rohmi, Desa Midang bisa membuat lingkungannya menjadi asri dan sehat, dengan mendorong Desa Midang menjadi desa wisata dengan membenahi lingkungan.

“Semoga banyak kepala desa-kepala desa yang sungguh memikirkan masyarakatnya dengan hal-hal yang mendasar baik dari aspek pendidikan, ekonomi, keshatan dan aspek lainnya,” harapnya.

Dikatakannya pula, untuk membangun dengan aspek-aspek tersebut tidak bisa seperti membalik telapak tangan, butuh setahun bahkan empat sampai lima tahun baru bisa keliatan.

“Di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat tetap dapat menerapkan hidup aman dan juga produktif. Posyandu-posyandu keluarga dapat semakin ditingkatkan jumlahnya di setiap dusun-dusun di NTB. Mari kita wujudkan Posyandu Keluarga di seluruh daerah di NTB,” pesannya.

Sekretaris Daerah Lobar Dr H Baehaqi mewakili Bupati H. Fauzan Khalid menyampaikan terima kasih kepada Ibu Wakil Gubernur dan rombongan di Desa Midang.

“Perhatian Ibu Wakil Gubernur kepada Lombok Barat ini sangat luar biasa. Sangat sering sekali beliau bersama-sama kita hadir ke masyarakat, lebih-lebih pada masa pandemi corona ini,” ujar Sekda Baehaqi memuji.

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), lanjut Baehaqi, adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Pelayanan kesehatan terpadu (Posyandu), sambungnya, adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas.

“Posyandu merupakan pelayanan kesehatan paling terdepan untuk masyarakat. Posyandu terdiri dari para kader kesehatan dari masyarakat didampingi tenaga kesehatan dari dinas terkait. Fungsi kader ini utamanya sebagai pencatat, penyuluh dan penggerak masyarakat yang merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu yang juga memiliki fungsi meningkatkan kualitas hidup anak,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Asisten I Setda Provinsi NTB Hj Baiq Eva Nurcahyaningsih, Ketua TPP-PKK Kab. Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, Ketua DPRD Lombok Barat, beberapa OPD Provinsi NTB dan Lombok Barat, Camat Gunungsari, Kepala Desa Midang, para kadus dan tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Desa Midang Selain Sukses Jadi Program Wisata, Disisi Lain Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Mon Oct 5 , 2020
Lombok Barat – Siapa bilang untuk menjadi Desa Wisata hanya bergantung pada keindahan dan potensi alam semata? Desa Midang Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat telah membuktikannya Dengan mengintegrasikan program Desa Wisata, Posyandu Keluarga, dan Zero Waste, Desa Midang mampu menjadi salah satu Desa Wisata yang membanggakan meski di lokasi padat […]