Menhub Pastikan Kesiapan Pelabuhan Gili Mas Jelang MotoGP

Lombok Barat – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi memastikan segala pembangunan dan pengembangan infrastruktur Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat siap, dalam rangka menyambut perhelatan event Internasional MotoGP Mandalika Tahun 2021 mendatang.

Dalam kunjungan kerja (kunker) di NTB kali ini, Menhub yang didampingi Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah juga memastikan kesiapan Pelabuhan Gili Mas untuk menyambut kedatangan kapal-kapal pesiar yang direncanakan akan dijadikan sebagai hotel terapung dengan kapasitas dua ribu hingga tiga ribu kamar bagi pengunjung dan penonton saat event internasional itu digelar.

” Alhamdulillah progres pembangunannya sangat luar biasa dan mengesankan,” ungkap Gubernur saat mendampingi Menhub, Minggu, (20/09).

Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah menjelaskan, kedatangan Menhub, selain melihat kesiapan Pelabuhan Gili Mas, juga meninjau kesiapan Bandara Bima dan Sumbawa untuk di datangi Garuda Indonesia atau Citylink.

“Insya Allah, kalau tidak ada aral melintang, bulan ini Garuda Indonesia atau Citylink kembali akan beroperasi ke Bima dan Sumbawa,” lanjut Doktor Ekonomi Industri tersebut

Doktor Zul, sapaan akrab Gubernur berharap, dengan beroperasinya jadwal penerbangan tambahan tersebut, mobilitas masyarakat akan menjadi lebih baik dan dinamis. Tentunya dengan catatan protokol kesehatan tetap harus diutamakan.

“Senang mendengar rencana Pak Menteri menyangkut Pelabuhan di NTB, juga tentang persoalan Bandara di KSB dan Lunyuk,” tutup Doktor Zul.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Teknik dan Operasional PT. Pelindo III, Putut Sri Muljanto juga menegaskan bahwa PT. Pelindo III dengan segala persiapannya, siap menyambut perhelatan event balapan dunia tersebut. Pasalnya, pengembangan lahan area Pelabuhan Gili Mas saat ini telah mencapai 66 hektare, dengan total investasi pembangunan sebesar Rp 550 Milyar. Pelabuhan Gili Mas saat ini, juga sudah mulai operasi untuk menyambut kedatangan kapal-kapal Pesiar.

“Kami PT Pelindo III sudah siap menyambut MotoGP Mandalika 2021 mendatang. Begitupun untuk mengantisipasi kekurangan kamar hotel nantinya. Kami telah menyiapkan Hotel Terapung dengan kapasitas dua ribu sampai tiga ribu penumpang di pelabuhan ini,” jelasnya.

Dalam kunjungan kali ini, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi bersama Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah juga berkesempatan meninjau Pelabuhan Lembar. Usai kunjungan di Lombok, Menhub kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Hawker 900 XP PK-CAR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Satuan Reserse Narkoba Polres Lobar Berhasil Ungkap Kasus Narkotika

Mon Sep 21 , 2020
Lombok Barat – Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Lombok Barat, berhasil mengungkap kasus Narkoba, dan berhasil mengamankan Seorang Terduga pelaku berinisial AP alias Belang, warga Sandik Batulayar, Sabtu (19/9). Kasat Res Narkoba Polres Lombok Barat Iptu Faisal Afrihadi SH mengatakan Adapun Barang bukti yang berhasil diamankan 3 (tiga) Klip bening […]