KPU Sumbawa, IDI, BNN dan HIMPSI kerjasama pemeriksaan kesehatan calon Bupati/Wabup

Sumbawa Besar – KPU Kabupaten Sumbawa,  berkoordinasi dengan pengurus Ikatan Dokter Indonesia, Badan Narkotika Nasional, dan Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah NTB, untuk membentuk tim pemeriksa kesehatan Calon Bupati dan Wakil Bupati  Sumbawa  Tahun 2020 dan memperoleh Rekomendasi Rumah Sakit  tempat dilakukan Pemeriksaan Kesehatan.

Tindak lanjut dari hasil koordinasi Ketua KPU Kabupaten Sumbawa bersama Ketua IDI, Ketua HIMPSI dan Kepala BNN Provinsi NTB, senin (31/8) bertempat di auditorium RSUD Provinsi NTB, menandatangani Perjanjian Kerja sama Pemeriksaan Kesehatan bagi Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020. 

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa M. Wildan mengatakan, kesepakatan bersama yang telah kami tanda tangani bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya Pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas dari penyelahgunaan Narkoba secara menyelutuh bagi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbaawa Tahun 2020, sesuai dengan prosedur dan Peraturan Perundangam-uandangan dengan mengedepankan prinsip perlakuan setara bagi Bakal Calon.

Menurut M Wildan, dalam Kesepakatan tersebut juga disepakati Lingkup pemeriksaan kesehatan yang dilakaukan terhadap Bakal Calon yang dilakukan Tim Pemeriksaan yang dibentuk terdiri dari unsur IDI, BNN, DMPSI dan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tengara Barat.

“Sebelum Perjanjian Kerja sama ditandatangani, IDI Wilayah Nusa Tenggara Barat telah merekomendasikan Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai tempat Pemeriksaan Kesehatan Bagi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020, dan Selanjutnya tempat Pemeriksaan kesehatan tersebut akan kami sampaikan secara resmi kepada Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019,” ungkapnya.

Ada hal yang berbeda dari Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon dengan Pilkada sebelumya, lanjutnya, dimana sebelum dilakukan Pemeriksaan Kesehatan, kepada Bakal Calon akan dilakukan Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), sebagai bentuk komitmen untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Jadwal pemeriksaan kesehatan dari  tanggal 4 sampai dengan 11 september 2020 dan Pemeriksaan kesehatan  terhadap Bakal Calon yang dinyatakan diterima Pendafarannya pada masa pendaftaran (4 sampai dengan 6 September 2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tegakkan Protokol Kesehatan, Pol PP dan Polres Lobar kembali gelar Operasi Masker

Tue Sep 1 , 2020
Lombok Barat –  Menegakkan disiplin pelaksanaan potokol kesehatan di Lombok Barat terutama penggunaan masker, Satpol PP bersama Polres Lombok Barat kembali menggelar operasi sesuai amanat Perda NTB Nomor 7 tahun 2020.  Kali ini dilaksanakan di jalan depan Pondok Pesantren Islahudin Kediri Lombok Barat, 3 jalur arah kedatangan kendaraan yaitu jalur […]