Gelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 di bawah laut, Danlanal Mataram tebarkan pesan #CintaLaut

Lombok Utara – Dalam rangka memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, Pangkalan TNI AL Mataram melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut bersama komunitas penyelam Lombok di perairan laut Kecinan di Kabupaten Lombok Utara, Senin (17/08/2020).

Dipimpin langsung Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, SH. kegiatan pengibaran sang Merah Putih itu diikuti sekitar 40 penyelam gabungan dari Lanal Mataram dan komunitas penyelam Lombok.

Kegiatan tersebut selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI juga untuk menumbuhkan kecintaan akan laut serta olah raga menyelam.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Lanal Mataram mengerahkan berbagai alut (alat utama) seperti 1 unit RIB, Ambulan dan alat transportasi lainnya.

Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun mengatakan Indonesia yang memiliki sekitar 17.500 pulau dengan garis pantai sepanjang 81.000 km dan 62% luas wilayah Indonesia adalah laut dan perairan, sangat disayangkan jika tidak dikelola dengan baik.

“Untuk itu perlu kita, terutama kami dari TNI AL untuk memperkenalkan potensi kelautan kita, dan salah satunya dengan menyelam,” kata Danlanal kelahiran Banyumas Jawa Tengah ini.

Kolonel Suratun juga menambahkan, di HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 kita jadikan momentum untuk mengembalikan kejayaan bangsa di bidang kemaritiman.

“Sesuai dengan motto TNI AL, Jalesveva Jayamahe yang berarti Di Laut Kita Jaya, semoga dengan pelaksanaan upacara pengibaran bendera dibawah laut ini bisa kembali menumbuhkan semangat dan jiwa ke-maritiman kita,” ungkapnya.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kolonel Laut (P) Suratun juga mengingatkan perjuangan para pahlawan dalam usaha untuk meraih kemerdekaan.

Selain itu, Lanal Mataram bersama Forkopimda Kabupaten Lombok Utara melaksanakan Transplantasi terumbu karang di perairan laut Kecinan Lombok Utara.

Usai melaksanakan kegiatan tersebut, Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun mengapresiasi semangat kebangsaan para peserta atas suksesnya kegiatan pengibaran bendera merah putih bawah laut di Perairan Kecinan.

“Ini juga menjadi bukti kecintaan kita dan para peserta untuk Indonesia tercinta,” katanya.

Selain itu, perayaan pengibaran bendera dibawah laut ini juga untuk membantu pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi mempromosikan kembali potensi sektor pariwisata khususnya wisata maritim dan wisata bahari.

Komandan Lanal Mataram tak lupa menyampikan pesan cinta bahari kepada masyarakat. “ Dengan semangat HUT Kemerdekaan RI KE-75 ini, semoga kita semakin mencintai wilayah bahari kita, potensi hasil laut dan kekayaannya serta UMKM para nelayan kita, karena dengan mencintai produk dalam negeri kita berarti kita melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kejayaan bangsa.” jelas Suratun.

Pelaksanaan upacara bendera dibawah laut Kecinan Lombok Utara tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sebagai penutup, Danlanal Mataram menambahkan kalimat bijak sebagai pesan untuk semua masyarakat Indonesia, “ AYO CINTAI LAUT KITA, AYO KITA MENYELAM dan AYO SELAMATKAN TERUMBU KARANG,”.

“Di laut kita banyak tersimpan harapan, masa depan kita ada di Laut.” Tutup Danlanal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Danrem 162/WB Merasa Bangga hadir di Ponpes Assalam Dalam Giat Upacara HUT RI ke-75

Tue Aug 18 , 2020
Dompu – Selang beberapa waktu setelah melaksanakan Upacara Bendera di Penatoi Bima, Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., menuju Dompu untuk menghadiri dan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tanggal 17 Agustus 2020 di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an As-Salam […]