Operasi Patuh Gatarin 2020 Polres Lobar telah Usai, 2.332 Pelanggar langsung Ditindak

Lombok Barat – Hingga berakhirnya operasi yang telah berjalan sejak tanggal 23 Juli 2020 lalu, Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat telah melakukan penindakan terhadap 2.332 pengendara kendaraan bermotor.

Adapun jumlah data yang dilakukan penindakan dan diperoleh melalui Kasat Lantas Polres Lobar yakni sebanyak 804 pengendara ditilang dan 1.528 pengendara diberikan teguran.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K., melalui Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu I Made Sugiartha, S.H., menjelaskan kegiatan yang dilakukan secara humanis tersebut sebagai upaya Polri dalam meminimalisir terjadinya Gangguan kamtibmas khususnya yang terjadi di jalan Raya.

“Target utama dalam operasi Patuh sebagai upaya Polri khsususnya Sat Lantas Polres Lobar yakni memberikan edukasi kepada masyarakat Kab. Lombok Barat agar lebih disiplin dan tertib dalam berlalu lintas,” tegasnya.

Disamping pemberian edukasi dan penindakan, kegiatan operasi tersebut selakigus sebagai sarana Polri untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.
Oleh karenanya, Kasat Lantas mengutarakan kegiatan operasi ini lebih banyak kepada pemberian himbauan dan teguran.

“Itu sebabnya hasil tilang tidak terlalu banyak karena yang lebih diutamakan himbauan dan teguran,” pangkasnya.
Selain itu dibandingkan Tahun 2019, hasil kegiatan Operasi Patuh Gatarin dikatakan memiliki penurunan terhadap jumlah tilang dan kecelakaan.

Namun, selebihnya terjadi peningkatan terhadap teguran selama operasi Patuh Gatarin 2020.
“Jumlah penurunan terjadi pada Tilang di Tahun 2019 dengan presentasi 56,73% dan Kecelakaan Lalu Lintas dengan presentase 20%. Sedangkan pada teguran meningkat pada presentase 292,80%,” jelasnya.
Dengan kegiatan Operasi Kepolisian Patuh Gatarin 2020 yang telah digelar selama 14 hari tersebut Kasat Lantas berharap dapat memberikan dampak positif terhadap ketertiban pengguna jalan saat berkendara dan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami berharap dengan upaya-upaya yang telah kami lakukan terhadap kegiatan lalu lintas memberikan dampak positif terhadap ketaatan pengedara dalam tertib berlalu lintas dan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” Harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Polres Lombok Barat Salurkan 10 Ton Beras Kepada Warga Yang Terdampak Covid- 19

Fri Aug 7 , 2020
Lombok Barat – Sebagai bentuk upaya yang terus menerus dilakukan dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, Polres Lombok Barat kembali menyalurkan puluhan Ton Beras kepada masyarakat di Kabupaten Lombok Barat. Sebanyak 10 (sepuluh) ton beras bantuan Polri akan didistribusikan kepada warga kurang mampu yang terdampak covid-19 di wilayah […]