Lanal Mataram siap kawal implementasi TSS Selat Lombok

Mataram – Komandan Pangkalan Angkatan Laut Mataram, Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., mengatakan siap membantu Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Lembar sebagai petugas pengawasan, dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran dalam mengawal implementasi Traffic Separation Scheme (TSS) di Selat Lombok yang sudah diberlakukan sejak tanggal 1 Juli 2020 lalu.

Kolonel Laut (P) Suratun di Ruang Kerjanya di Lanal Mataram, Jumat (3/7), pihaknya siap membantu KSOP mengawal implementasi TSS di Selat Lombok tersebut.

Selain itu, Danlanal menambahkan, pihaknya juga akan menurunkan Kapal patrolinya, untuk mengawal pengimplementasian TSS di Selat Lombok.

“Untuk Selat Lombok, kami siap mensiagakan kapal patroli kami membantu kapal patroli KSOP dari PLP Kelas I Tanjung Perak, serta KSOP Benoa,” terangnya.

Menurut Suratun, Lanal Mataram mendukung penuh implementasi TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok dan telah melakukan langkah-langkah menjelang diberlakukannya TSS di kedua Selat tersebut, antara lain dengan mengoptimalkan pelaksanaan patroli serta pengawasan dan penegakkan hukum terhadap kapal-kapal yang bernavigasi dalam kedua Selat tersebut.

“Tentunya semua itu kita laksanakan dengan mengedepankan komunikasi dengan petugas KSOP sebagai petugas pengawasan, dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran serta berkoordinasi dengan pihak terkait serta menjalin sinergitas dengan aparat penegak hukum di laut,” imbuhnya.

Suratun juga menyatakan, bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi dan berencana akan melaksanakan forum koordinasi dengan melibatkan instansi dan institusi terkait.

Ia beranggapan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan Lanal Mataram membantu KSOP dalam mensosialisasikan implementasi TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok ini merupakan bentuk nyata sinergitas antara TNI AL dan KSOP dalam menjalankan tugasnya melakukan pengawasan dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran di Perairan Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bupati KLU sampaikan Raperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2019

Fri Jul 3 , 2020
Lombok Utara – Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH menyampaikan penjelasan kepala daerah tentang Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Lombok Utara masa sidang II tahun dinas 2020, Kamis (2/7/). Ketua DPRD Lombok Utara Nasrudin, SHI membuka sidang paripurna masa sidang […]