Gubernur NTB : Inovasi teknologi kunci industrialisasi

Mataram – Teknologi adalah salah satu hal yang terpenting dalam industrialisasi. Seiring berjalannya waktu, teknologi dapat berkembang sesuai kebutuhan industrialisasi. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengatakan bahwa inovasi teknologi adalah kunci industrialisasi.

“Tidak mungkin suatu daerah mencicipi kemakmuran mencicipi kesejahteraan tanpa inovasi teknologi, inovasi teknologi adalah key driver dari industrialisasi. Dengan kata lain tidak mungkin ada peningkatan nilai tambah suatu komoditas tanpa inovasi teknologi. Jadinya tidak mungkin ada industrialisasi tanpa inovasi teknologi,” terangnya saat mengunjungi Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram, (29/5)

Ia mengatakan bahwa pemain utama dari inovasi teknologi bukanlah kampus ataupun riset center, melainkan dunia usaha. Oleh karena itu, untuk mengembangkan inovasi teknologi, perlu membentuk hubungan dengan perusahaan industri yang mampu mengakselerasi pembelajaran teknologi dan inovasi.

Bang Zul, sapaannya, mengatakan bahwa kontribusi dari kampus-kampus adalah menyiapkan sumberdaya manusia (SDM) yang akan terjun ke dunia industri agar lulusan kampus tidak merasa asing dengan teknologi di dunia industri.

“Tugas kampus adalah bagaimana menyiapkan anak-anak kita supaya mereka betul-betul familiar dengan instrumen-instrumen yang digunakan di dunia industri, bukan menghasilkan produk-produk yang diharapkan masyarakat. Yang menghasilkan produk-produk tersebut adalah dunia usaha,” paparnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, STPark NTB dibentuk agar pihak kampus selaku penyedia SDM dapat dekat dengan dunia usaha melalui penelitian-penelitian yang dilakukan pihak kampus.

“Sains Tekno Park adalah upaya kita untuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiwa dan dosen-dosen kita yang punya ide brilian namun tidak memiliki fasilitas,” tuturnya.

Selain itu, STPark juga membantu kampus, baik itu mahasiswa maupun dosen yang memiliki kemampuan menciptakan inovasi teknologi untuk mendapatkan kesempatan masuk ke dunia industri.

“Fasilitas disediakan oleh sains tekno park, yang urus ruangannya, yang urus izinnya dan yang cari pasarnya adalah Sains Tekno Park,” kata Bang Zul.

Sehingga ketika dosen atau mahasiswa yang mengembangkan inovasi teknologi sudah menemukan pasarnya, dan sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha industri, maka itu adalah suatu bentuk keberhasilan STPark.

Bang Zul berharap STPark NTB dan Universitas Mataram dapat menjalankan kerjasama dalam pengembangan inovasi teknologi agar NTB dapat mandiri dalam hal teknologi industri.

“Saya berharap sains Tekno Park dengan Unram itu menyatu, menciptakan inovasi-inovasi teknologi yang baru,” ungkap Bang Zul.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kepala Diskop UMKM NTB bantah ada keluarga Gubernur ikut Program JPS Gemilang

Fri May 29 , 2020
Mataram – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Drs. H. Wirajaya Kusuma, MH, membantah tudingan adanya keluarga Gubernur NTB yang mengerjakan pekerjaan maskerisasi hingga ratusan lembar dalam program JPS Gemilang. ‚ÄúTuduhan terhadap adanya keluarga Gubernur NTB yang mengerjakan maskerisasi itu adalah tidak benar. Kenapa tidak benar? Karena yang terikat […]