Ditengah pandemi Corona, Kodim 1606/Lobar gelar Panen Raya serentak di dua lokasi

Mataram – Ditengah pandemi Corona Virus Desease (COVID-19) yang membuat semua perhatian dan daya upaya pemerintah tercurah untuk memutus mata rantai penyebarannya serta mengurangi dampak sosial yang diakibatkan virus yang berasal dari cina daratan ini Kodim 1606/Lobar menggelar panen raya secara serentak di dua lokasi berbeda.

Yaitu dipersawahan milik Kelompok Tani Sayang Lauk I seluas 30 Ha yang berada di lingkungan Rungkang Jangkuk Kelurahan Sayang Sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram, dan lokasi kedua berada di wilayah Narmada dipersawahan milik Kelompok Tani Darma Tani Dusun Tanak Beaq Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat seluas 232 Ha.

Panen raya dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan tersebut mengangkat tema ”Dengan panen raya kita tingkatkan ketahanan pangan nasional” dipimpin langsung Komandan Kodim 1606/Lobar Kolonel Czi Efrijon Kroll bertempat di lahan persawahan lingkungan Rungkang Jangkuk Kelurahan Sayang Sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram.

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan panen raya sebagai bentuk kemandirian kita dalam usaha ketahanan pangan ditengah pandemi virus corona, dan kami harap masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan pangan, karena saat ini persediaan beras di Bulog tersedia hingga 10 bulan kedepan, ” ungkap Efrijon Kroll dalam sambutannya.

Menurutnya, sektor pertanian menjadi harapan untuk menjaga ketersediaan pangan secara nasional khususnya di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan NTB, sehingga harus memperhatikan kesejahteraan petani dengan menjaga kesetabilan harga jual produk pertanian baik padi, jagung ataupun kedelai.

Tak lupa Dandim alumni Akmil 1995 ini mengingatkan masyarakat agar menjaga diri dan keluarga dari Covid-19 tentunya dengan tetap mematuhi dan melaksanakan imbauan dan kebijakan pemerintah sehingga semuanya berjalan optimal.

Sementara panen raya di Dusun Tanak Beaq yang dipimpin Pasiter Kodim 1606/Lobar Mayor Inf R Sugondo. Dari lahan seluas 232 Ha terealisasi hanya 198 Ha karena terkendala perbaikan bendungan irigasi.

Diharapkan dari hasil panen raya ini menambah persediaan bahan pangan dalam menghadapi pandemi Corona maupun dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Dalam kegiatan panen raya tersebut pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menggunakan masker dan social distancing serta physical distancing hadir Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi, SH., Kajari Mataram, Kadistan Kota Mataram, Kepala BPTP Kota Mataram, Camat Cakranegara, Danramil 02/Cakranegara, Danramil 05/Mataram, Kasat Sabhara Polres Mataram, Lurah Sayang Sayang, Kepala Lingkungan Rungkang Jangkuk dan Ketua Poktan Sayang Lauk I.

Sementara di panen raya di Narmada dihadiri Danramil 1606-08/Narmada, PLT Camat Narmada, Kapolsek Narmada, Kepala UPTD Narmada, Kades Tanak Beaq, PPL, Tokoh Agama dan Ketua Poktan Tanak Beaq.

Rencananya besok, Kamis (23/4) Kodim 1606/Lobar kembali akan menggelar panen raya di Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ringankan beban Lansia, Korem 162/WB berbagi Sembako dan Masker di Lotim

Wed Apr 22 , 2020
Lombok Timur – Dalam rangka menghadapi dan mendukung program pemerintah terkait dengan imbauan social distancing dan stay at home, Korem 162/WB bekerjasama dengan perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) NTB menyalurkan dan membagikan sembako kepada masyarakat lanjut usia Desa Rarang, Desa Rarang Tengah dan Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur, Rabu […]