Dikes NTB : Anak-anak mudah tertumpangi COVID-19

Mataram – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat dr.Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., menjelaskan bahwa anak-anak mudah tertumpangi COVID-19 terkait Pasien positif Nomor 27 an. HW laki-laki warga Gunungsari yang merupakan Balita Usia 2 Tahun kepada GETNEWS.ID.

dr. Nurhandini Eka Dewi juga mengingatkan bahwa, NTB khususnya Lombok adalah daerah yang transmisi lokal sudah berlangsung.

“Artinya, bisa saja ada carrier atau orang yang membawa di sekitarnya tanpa gejala,” ujarnya.

Nurhandini juga mengungkapkan, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, dalam situasi pandemi ini,  sejak minggu lalu sudah meminta semua pasien anak dengan pneumonia berat  di daerah dengan transmisi lokal yang dirawat di Rumah Sakit dirawat sebagai PDP dan dilakukan swab.

Pertimbangannya karena anak anak adalah kelompok yg rentan, dan dalam keadaan sakit berat mudah tertumpangi oleh COVID-19.

“Jadi resiko anak tertular secara epidemiologis yang menjadi dasar pemeriksaan ini, tapi jangan dibalik. Bukan berarti semua pasien pneumonia berat rentan tertular COVID-19,tapi bisa jadi COVID-19 itulah yang menjadi penyebab pneumonia pada pasien,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Update COVID-19 NTB : Mataram terus bertambah

Sun Apr 12 , 2020
Mataram – Satgas Covid-19 Provinsi NTB kembali mengkonfirmasi 4 (empat) orang Positif COVID-19 pada Minggu 12/4), yaitu : Pasien nomor 34, an. Tn. R, laki-laki, usia 45 tahun, penduduk Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Pasien pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19 dalam 14 hari sebelum sakit. Riwayat kontak dengan […]