Gubernur NTB keluarkan SK Status Siaga Darurat Covid-19

GETNEWS.ID, Mataram- Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengeluarkan Surat Keputusan Gubernur tentang Status Siaga Darurat Bencana Non Alam Corona Virus Disease (COVID-19), SK bernomor 360-298 tersebut di keluarkan pada Senin (23/3).

Pada UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, yang dimaksud bencana terdiri dari bencana alam, nonalam dan sosial. Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.

Dalam hal ini penyakit coronavirus (covid-19) termasuk bencana nonalam yang sudah ditingkat pandemi sesuai dengan pernyataan WHO.

Dalam UU no 24 tahun 2007 yang dimaksud dengan status keadaan darurat bencana adalah suatu keadaan yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk jangka waktu tertentu atas dasar rekomendasi Badan yang diberi tugas untuk menanggulangi bencana. 

Status keadaan darurat ditetapkan oleh pemerintah. Pada tingkatan nasional ditetapkan oleh Presiden, tingkat provinsi oleh gubernur, dan tingkat kabupaten/kota oleh bupati/walikota. 

Status Siaga Darurat sendiri adalah keadaan ketika potensi ancaman bencana sudah mengarah pada terjadinya bencana yang ditandai dengan adanya informasi peningkatan ancaman berdasarkan sistem peringatan dini yang diberlakukan dan pertimbangan dampak yang akan terjadi di masyarakat.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemprov NTB menggelar Konferensi Pers terkait laporan adanya warga NTB yang positif terjangkit Covid-19, Selasa (24/3).

Dan hari ini, Rabu (25/3) melalui Kalak BPBD NTB Akhsanul Khalik, pemprov NTB kembali mengonfirmasi bertambahnya korban virus covid-19.

“Data Hari ini, selasa 25 Maret 2020, ada penambahan 1 pasien lagi positif yang merupakan suami dari pasien positif yang diumumkan oleh Bapak Gubernur dan Wagub kemarin sehingga menjadi ada 2 orang warga NTB positif, adalah suami istri,” jelas Kalak BPBD NTB, Akhsanul Khalik via WhatsApp ke GETNEWS.ID, Rabu (25/3).

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap tenang, menghindari keramaian dan masyarakat terus saling mengingatkan.

“Masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Prince Charles tested positive for coronavirus

Wed Mar 25 , 2020
GETNEWS.ID – Prince Charles, the Queen’s son and the first in line to the British throne, has tested positive for coronavirus and is now self-isolating in Scotland.  Here’s the statement from Clarence House: “The Prince of Wales has tested positive for coronavirus. He has been displaying mild symptoms but otherwise remains in good […]