Hari ini tiga Gili, besok giliran Islamic Center di semprot

GETNEWS.ID, Mataram – Keseriusan Pemerintah Provinsi NTB dalam mengantisipasi merebaknya wabah Virus Convid 19 bersama pihak terkait benar-benar optimal, sesudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Bandara Lombok pemprov hari ini menyasar kawasan tiga gili (Terawangan, Air dan Meno) di Kabupaten Lombok Utara, Rabu (18/3).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dikes NTB, Nurhandini Eka Dewi didampingi Kepala Diskominfotik NTB, I Gde Putu Aryadi di Mataram, kemarin Selasa (17/3).

“Besok, serentak di tiga gili (hari ini, Rabu 18/3). Nah, lusanya (Kamis 19/3) di IC (Area Islamic Center atau Masjid Hubbul Wathan),” kata Dokter Eka yang dibenarkan oleh Kadiskominfotik.

Khusus di Islamic Center atau Masjid Hubbul Wathan lanjut Eka, pihaknya akan melakukan penyemprotan dengan menggunakan waktu khusus.

Karena penyemprotan tidak bisa dilakukan sembarang. Mengingat penyemprotan disinfeksi bisa maksimal membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

“Disinfeksi itu disemua ruangan dan harus tertutup. Karena membutuhkan waktu empat jam. Jadi tidak mungkin kita melakukan penyemprotan diwaktu yang singkat,” ujar Dokter Eka.

“Makanya lusa itu, kita akan mulai (penyemprotan) sesudah sholat subuh. Karena waktunya juga cukup panjang. Sehingga orang-orang bisa melaksanakan sholat dzuhur,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan jadwal, rencananya penyemprotan akan berlangsung hingga Sabtu 21 Maret 2020 mendatang.

Selain bandara, kawasan tiga gili dan islamic center, penyemprotan cairan disinfektan juga akan menyasar ke sejumlah tempat lainnya.

“Termasuk juga nanti hari Sabtu (21 Maret 2020) di terminal mandalika. Sedangkan untuk di perkantoran dilaksanakan masing-masing,” demikian Nurhandini Eka Dewi.

Sementara itu, I Gde Putu Aryadi Kepala Diskominfotik NTB menegaskan berbagai upaya yang dilakukan merupakan bentuk keseriusan pemerintah.

Terlebih dalam melakukan langkah pencegahan dan antisipasi terhadap penyebaran COVID-19.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah titik lanjutnya, Pemda NTB bersama pihak lainnya juga terus berkolaborasi melakukan upaya lainnya.

Antara lain, meliburkan pelajar dan mahasiswa. Kemudian terus menggalakkan sosialisasi terkait coronavirus kepada masyarakat.

Memperketat pengawasan disejumlah titik. Termasuk di bandara dan dipelabuhan yang ada.

“Masih banyak lagi upaya yang lainnya. Dan di NTB kita bersama kabupaten/kota juga bersinergi menyikapi hal ini (COVID-19),” ujarnya.

“Untuk itu, kita harap masyarakat tetap tenang dan waspada. Pada dasarnya pemerintah terus berupaya maksimal,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Berbekal bukti rekaman CCTV, ABG pencuri HP ini akhirnya dibekuk

Wed Mar 18 , 2020
GETNEWS.ID, Mataram – Terkejut melihat aksinya mencuri Handphone terekam CCTV, pemuda asal Lingkungan Karang Anyar Kota Mataram ini pun berusaha memutus kabel CCTV untuk menghilangkan bukti rekaman. Namun upaya AM alias Haris (19) sia-sia, aksi mencurinya di sebuah rumah yang berada di Gang Anyar III Nomor 02, Lingkungan Karang Anyar, Kelurahan […]