Lepas pisah, Irjen Pol Nana Sudjana mengaku sedih

GETNEWS.ID, Mataram – Upacara Farewell and Welcome Parade Kapolda NTB diwarnai suasana haru yang mendalam. Mantan Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana, meneteskan air mata, saat memberikan sambutan  usai penyerahan Pataka Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat “Satya Wira Dharma” kepada Irjen Pol Tomsi Tohir di Lapangan Gajah Mada Mapolda NTB, Senin (13/1).

Dihadapan seluruh anggota Polri Polda NTB dan anggota TNI serta seluruh pejabat Forkopimda yang hadir, Nana Sudjana mengaku sangat sedih,  karena sejak  menjabat sebagai Kapolda NTB selama Sembilan bulan, hubungan sinergitas antara anggota Polri dengan TNI  bersama Forkompinda dan masyarakat didaerah ini, sangat harnomis, sehingga  berdampak pada  kondisi  wilayah NTB, yang cukup aman dan kondusif.  

Selama Sembilan bulan menjabat, ada laporan yang masuk mengenai kerawanan berupa bentrokan antara aparat TNI dan Polri di NTB. Hanya saja  kerawanan yang perlu diantisipasi bersama adalah konflik sosial dan radikalisme.

“Dari awal  mendapat tugas sebagai Kapolda NTB, saya mendapat masukan untuk mengatasi konflik sosial, radikalisme dan terorisme. Bahkan selama saya menjabat, ada dua kali penangkapan terhadap  kelompok radikal,” ucapnya.

Menurutnya, penangkapan kelompok-kelompok radikal, berjalan dengan baik, Polda NTB maupun TNI, terus berkoordinasi secara  intens, melakukan pembinaan terhadap orang-orang atau  kelompok yang terpapar  radikal, menjadi masyarakat yang sadar.

“Karena itu,  saya berpesan kepada Kapolda NTB yang baru, Irjen Pol. Tomsi Tohir, agar sinergitas TNI/Polri dan Pemda bersama masyarakat harus terus ditingkatkan,” jelasnya.

Kerawanan lainnya  adalah kasus Pencurian Dengan Kekerasan (Curas), Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) serta Pencurian Sepeda Motor (Curanmor). 

Penyerahan pataka “Satya Wira Dharma” ini menjadi tanda bahwa tongkat Komando Kapolda NTB telah berpindah tangan dari pejabat lama, Irjen Pol Nana Sudjana,  kepada penggantinya Irjen Pol Tomsi Tohir.

Irjen Pol Tomsi Tohir,  merupakan mantan Kapolda Banten,  diharapkan dapat  melanjutkan program yang sudah dirintis Irjen Pol. Nana Sudjana, terutama  memperkuat soliditas anggota Polri dan TNI serta dengan Forkompinda NTB.

Sementara itu,  Irjen Pol. Nana Sudjana,  selanjutnya  memangku jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya.

ZA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

NTB Gelar Apel Siaga Bencana

Tue Jan 14 , 2020
GETNEWS.ID, Mataram – Komandan korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., mengambil apel gelar pasukan dalam rangka siaga bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di wilayah Provinsi NTB tahun 2020 yang diikuti personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, BNPB, Tagana, Damkar, PLN, Senkom, Dinas […]