Surat peringatan pengosongan tanah milik Pemkab Lobar resahkan warga

GETNEWS.ID – Warga masyarakat Dusun Tegal Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat dibuat resah oleh terbitnya surat peringatan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Sekretariat Daerah dengan nomor 593/422A/BPKAD/2019, tentang pengosongan tanah milik Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (07/12).

Surat tersebut baru diterima oleh warga melalui Kadus Tegal pada Rabu tanggal 4 Desember 2019, surat dari Sekretaris Daerah Kabupaten lombok Barat tersebut menjelaskan putusan pengadilan negeri Mataram nomor : 45/pid.sus.TPK/2014/PN.Mtr. tanggal 15 April 2015 yang dikuatkan putusan pengadilan tindak pidana korupsi pada pengadilan tinggi Mataram nomor : 08/PID.SuS/2015/PT.MTR tanggal 22 Juni 2015 dengan amar putusan menyatakan terdakwa sdr. BURHANUDDIN, S.pd M.p.d., telah terbukti secara sah dan menyatakan bersalah melakukan tindakan pidana “KORUPSI” terkait penjualan tanah milik Pemerintah Kabupaten Lombok Barat seluas 6.629 M2 yang berlokasi di Dusun Tegal Desa Jagaraga Kec. Kuripan Kab. Lombok Barat.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini meminta kepada saudara untuk Mengosongkan tanah milik Pemda LOBAR yang terletak di Dusun Tegal Desa Jagaraga Kec. Kuripan Lombok Barat tersebut paling lambat 7 hari setelah surat diterima.

Terkait hal tersebut, Forum Warga Dusun Tegal sangat menyayangkan perihal pengosongan tanah milik Pemda yang sudah mereka beli dan tempati tersebut, dan menganggap hal tersebut melampaui kewenangan dari aparat penegak hukum dan telah menjadikan warga resah serta merasa tidak nyaman,

“Karena sejatinya perintah pengosongan / eksekusi diputuskan dan di keluarkan oleh pengadilan,” ungkap Edi, anggota Forum Warga Dusun Tegal dalam rilis yang mereka sebar di grup WhatsApp.

Selain itu, menurut Forum Warga Dusun Tegal, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat dinilai telah berupaya menghilangkan fakta sejarah tentang status jabatan Burhanuddin, Spd., M,Pd., selaku Kepala Kantor Aset Daerah Kabupaten Lombok Barat/Panitia Pemindahtanganan Barang milik Daerah Kabupaten Lombok Barat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lombok Barat Nomor:499/03 /KAD/ 2012, dan dokumen surat lainnya tentang peralihan status tanah milik Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang terletak di Dusun Tegal Desa Jagaraga Kec. Kuripan Lombok Barat dengan cara penjualan (ganti rugi).

Forum warga Dusun Tegal melampirkan dokumen yang menjadi alat pembuktian Data fisik dan Data yuridis bidang tanah tersebut. Diantaranya;

  • Keputusan DPRD kabupaten Lombok barat , Nomor: 24/KEP/DPRD/2011. Tentang persetujuan penjualan tanah milik Pemerintah kabupaten Lombok barat.
  • Keputusan Bupati Lombok Barat Nomor: 537.A/ 07/ KAD/2012. Tentang Pelepasan Hak Atas Tanah milik Pemerintah kabupaten Lombok barat dengan cara penjualan (ganti Rugi).
  • Keputusan Bupati Lombok Barat Nomor: 499/03/KAD/2012. Tentang pembentukan panitia pemindahtanganan Barang milik Daerah Kabupaten Lombok Barat tahun anggaran 2012.
  • Sertifikat Surat Ukur tanah dan Kwitansi tanda terima Pembayaran .

Selain itu, forum yang menamakan dirinya sebagai Forum Warga Dusun Tegal Desa Jagaraga Kec. Kuripan Lombok Barat dalam rilisnya tersebut dengan tegas menyatakan mengabaikan surat dari Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat tersebut, dan menolak pengosongan tanah yang sudah menjadi Hak milik sejak 2012 dengan cara penjualan (ganti Rugi).

Forum warga dusun Tegal yang di ketuai oleh Halipah serta seluruh anggota Forum warga Dusun Tegal Desa Jagaraga Kec. Kuripan Lombok Barat dengan tegas menuntut agar segera diterbitkannya surat penguasaan atas tanah yang ditandatangani oleh Pejabat Yang Berwenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kodim 1606/Lobar gelar Reboisasi sambut Hari Juang TNI AD

Mon Dec 9 , 2019
TNInspirasi – Kodim 1606/Lobar melaksanakan penghijuan bekerjasama dengan BPDASHL, Lingkungan Hidup Dodokan Moyosari, Pemdes Bengkaung dan instansi terkait di bukit dan lahan kosong Desa Bengkaong Kecamatan Batulayar Lombok Barat dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD ke 74 tahun 2019 dengan tema TNI Agkatan Darat Adalah Kita. Sebelum melaksanakan penanaman […]