TP-PKK : Perbaikan generasi NTB dimulai dari PAUD berkualitas

GETNEWS.ID – Ketua TP-PKK Provinsi NTB Niken Saptarini Widyawati, menyampaikan betapa pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi kualitas pendidikan di NTB dalam kunjungannya di Rabadompu Timu Kota Bima pada Kamis (14/11).

“Pokja PKK sangat memperhatikan masalah PAUD, kita tahu kita ini punya generasi yang akan menggantikan kita. Mereka sekarang ini masih di PAUD,” kata Hj. Niken dihadapan kader TP-PKK dan Posyandu Kota Bima.

Dalam kesempatan itu Niken menyampaikan sebuah hasil penelitian yang membuktikan, bahwa investasi pendidikan pada usia dini jauh lebih efektif dibandingkan dengan pendidikan usia yang selanjutnya.

“Jadi, kita mendidik anak mulai dari PAUD dengan benar, insyaallah disitulah kita sedang menyiapkan manusia-manusia baru yang jauh lebih baik daripada kita, yang akan menggantikan kita,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya serta mayoritas anggotanya tidak pernah mendapat pendidikan PAUD. Oleh karena itu, ia selalu mendorong orang tua yang memiliki anak agar memberikan pendidikan tingkat PAUD agar anak semakin siap menyambut perkembangan zaman yang kian pesat.

“Anak-anak juga harus dilihat kondisinya, apakah ada yang stunting, apakah ada yang bermasalah dengan perkembangannya. Dan juga yang penting adalah bahwa di PAUD lah kita memberikan Makanan Tambahan,” terang Nikan yang juga dinobatkan sebagai Bunda PAUD NTB.

Ia meminta kelompok kerja PKK yang bertugas untuk mencari menu-menu yang menarik untuk anak-anak, namun memiliki gizi serta protein tinggi. Upaya ini dimaksudkan agar asupan gizi anak tetap terjaga dengan baik hingga tumbuh kembangnya menjadi maksimal.

“Kita galakkan lagi konsumsi ikan untuk anak-anak kita, karena gizi yang terdapat pada ikan sangat baik untuk anak-anak. Nanti PMT (Pemenuhan Makanan Tambahan) untuk ibu-ibu PKK harus tau menu-menu ikan yang menarik,” tuturnya.

Ketua TP-PKK Kota Bima, Ellya H. M. Lutfi melaporkan bahwa, PKK kota Bima mendorong seluruh anggotanya untuk mendukung segala bentuk program pemerintah, utamanya program unggulan.

“Kami menyampaikan kepada ibu Ketua PKK NTB bahwa PKK Kota Bima sekarang memproritaskan stunting dan Zero Waste serta PAUD berkualitas melalu program PAUD holistik,” kata Ellya.

Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap aktivitas dari PKK terus ditingkatkan. Karena PKK membantu tugas seluruh stakeholder pemerintah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Minister to revoke budget for villages proven to be fictitious

Fri Nov 15 , 2019
GETNEWS.ID – Finance Minister, Sri Mulyani Indrawati, stressed that the government would revoke the state budget allocated for villages proven to be ghost villages or fictitious ones with no residents.   “After we can prove that the village fund was given to illegitimate villages, we will revoke (the budget). If […]