Tingkatkan profesionalisme jurnalis, IJTI NTB kembali gelar Uji kompetensi

GETNEWS.ID – Dalam rangka menjalankan rangkaian program organisasi, peningkatan kapasitas menciptakan jurnalis yang profesional, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) NTB kembali menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) Televisi angkatan kedua, yang diikuti puluhan jurnalis televisi lokal dan nasional di Kawasan Kuta Mandalika Kabupaten Lombok Tengah pada Sabtu (21/9).

Acara dibuka langsung Staff Ahli Bidang Pembangunan Pemkab Lombok Tengah Murdi, dan dihadiri pengurus IJTI NTB, serta Corporate Comunication Head, Indonesia Tourisme Development Corporation (ITDC) Ester D. Ginting.

Ketua IJTI NTB Riadis Sulhi dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya jurnalis berkompeten untuk menyambut era konvergensi media, serta menyikapi perkembangan informasi dan teknologi yang nyaris tak bisa dibendung.

Upaya ini juga untuk mencetak jurnalis yang profesional, sehingga kedepan mampu menjadi  filter  menakar informasi hoax sejLan dengan visi – misi organisasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dan mencetak jurnalis profesional di bidangnya.

“Ini merupakan rangkaian agenda kerja sesuI visi dan misi organisasi memberikan edukasi kepada para anggota berikut khalayak agar memahami kinerja media khususnya televisi sekaligus menggaungkan peran dan fungsi organisasi,” ujarnya.

Riadi mengatakan kegiatan ini sebelumnya telah diawali dengan acara seminar, yang membahas seputar permasalahan media dalam merefleksi satu tahun pasca bencana gempa bumi di Lombok.

“Acara ini kami gelar dengan beberapa rangkaian kegiatan. Seperti kemarin sukses tergelar seminar untuk merefleksi satu tahun gempa yang bagi kami sekaligus merecovery semangat kami membangun daerah  dalam bingkai kerja jurnalistik  dengan mengedepankan jurnalisme positif di dalamnya” jelasnya.

Namun berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya dengan materi ujian yang mencakup isu umum, UKJ-TV kali ini lebih terproyeksi terhadap pengembangan pariwisata. Karenanya tagline “pariwisata berkelas dunia” menjadi tema utama dari kegiatan yang sekaligus mendukung peran ITDC untuk mewujudkan penyelenggaraan event MotoGP tahun 2021.

“Tugas kami sebagai pengelola Kawasan Mandalika, memang membangun infrastruktur didalam kawasan karenanya kami mengharapkan dukungan dari seluruh pihak. Kami bangga dengan Lombok kami berharap terus ada dukungan termasuk dukungan melalui pemberitaan yang positif agar pariwisata berkelas dunia untuk sambut MotoGP 2021 terwujud,” ucap Corporate Comunication Head, ITDC, Ester D. Ginting dalam sambutannya.

Apresiasipun dilontarkan pihak ITDC terhadap kiat dari IJTI NTB yang turut andil mendukung pengembangan pariwisata di Kawasan Mandalika. Fungsi kontrol media menurutnya telah terlaksana dengan baik sebagai jembatan informasi baik bagi masyarakat.

“Saya senang bisa hadir disini. Kami sangat mengapresiasi dukungan IJTI melalui kegiatan ini untuk menyampaikan kepada publik bahwa tidak ada keraguan lagi MotoGP akan dapat terlaksana di Lombok. Seluruh upaya kami lakukan untuk memenuhi harapan pemerintah mewujudkan ini,” pungkasnya.

Sementara itu Staff Ahli Bidang Pembangunan Pemkab Lombok Tengah, Murdi yang mewakili kehadiran Bupati, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan tahunan IJTI NTB. Ia mengatakan organisasi cepat merespon bias perkembangan media yang tak menentu, melalui peningkatan mutu kompetensi dan profesionalisme.

“Hal ini tentu menjadi peran atau kontribusi dari teman – teman pers terkait dengan demokratisasi saat ini di indonesia yang sangat dipengaruhi informasi dan teknologi dalam indeks baik dan buruk. Nah peran media dalam hal ini adalah bagaimana bangsa indonesia lebih khusus lagi keluarga kita di daerah menerima informasi kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Danrem 162/WB Serahkan Kunci Rumah Rehab Rekons di Lombok Tengah

Sat Sep 21 , 2019
GETNEWS.ID – Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., menyerahkan kunci rehab rekons rumah tahan gempa (RTG) secara simbolis kepada korban terdampak gempa di GOR Yayasan Ponpes Qomarul Huda Bagu Desa Bagu Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (21/9). Acara penyerahan kunci secara simbolis tersebut dihadiri […]