6 Program Gemilang Zul – Rohmi yang membuat NTB semakin dikenal Dunia

GETNEWS.ID  Kata gemilang kini disematkan untuk langkah masive bergeraknya roda pembangunan dan kemajuan daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, sepanjang kiprah kepemimpinan Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah. Sebagaimana julukan yang terucap, kegemilangan daerah memang tampak nyata dirasakan oleh banyak kalangan dan elemen masyarakat. Tepat sejak dilantiknya pasangan tersebut sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB pada September 2018 lalu hingga saat ini, perekonomian daerah semakin menggeliat. Terlebih lagi NTB kala itu diguncang gempa hebat yang sempat membuat perekonomian daerah berada pada titik rendah.

Saat ini tepat 1 tahun kepemimpinan Zul – Rohmi Pemerintah Provinsi NTB makin ramah dalam segala hal. Kearifan lokal tetap terjaga, kesenjangan sosial semakin kecil, hingga semangat pendidikan berkualitas yang semakin terjangkau. Kesemua itu tak lain berkat sejumlah program prioritas NTB Gemilang yang tersistematis mendukung seluruh lini sektor pembangunan daerah dan sumber daya manusia.

Program pertama (I) yakni “Pariwisata Andalan dan Strategis NTB” yang terus berperan aktif mendorong peningkatan pendapatan, membuka lapangan kerja, serta menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang kuat dan inklusif. Program ini meliputi, pengembangan pariwisata pulau – pulau kecil (Gili), Mandalika dan MotoGP, Global dan Nasional Geopark, Wisata Halal, hingga program pengentasan kemiskinan melalui pendekatan Desa Wisata.

Program kedua (II) yakni Bidang “Industrialisasi” yang meliputi pembangunan smelter, industri pengolahan, industri permesinan dan STIP, serta pengembangan kawasan terpadu Sakosa (Sape, Komodo, Sangiang).

Program ke tiga (III) terfokus pada “Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)” yang meliputi program Beasiswa dalam maupun luar negeri, Rumah Bahasa, Revitalisasi Posyandu hingga Revitalisasi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Pemerintah NTB pun sepanjang 1 tahun kepemimpinan Zull – Rohmi telah memberangkatkan sebanyak 265 orang penerima beasiswa ke banyak negara berkembang.

Program ke empat (IV) “NTB Ramah Investasi”. Sebagaimana harapan Presiden RI Joko Widodo yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang ramah investasi, Pemprov NTB pun rupanya memiliki komitmen yang sama untuk membuka peluang investasi bagi para investor. Seperti mega proyek yang saat ini sedang berjalan yakni pembangunan Global Hub Bandar Kayangan dan Pengembangan Kawasan Samota (Teluk Saleh, Moyo dan Tambora).

Program ke lima (V) yakni ”Pengembangan Koneksivitas dan Aksesibilitas Wilayah NTB”, atau dengan kata lain memperluas akses guna mempercepat akselerasi setiap sektor dan penghubung. Bidang ini meliputi pengembangan jalan bypass penghubung Lembar – Mataram – Labuhan Lombok. Kemudian longdistance ferry pada pelabuhan, Direct Flight, pembangunan jembatan laut Lombok – Sumbawa serta pengembangan bandara dan pelabuhan.

Program terakhir, ke enam (VI) yang mengacu pada keramahan lingkungan dan menciptakan lingkungan yang sehat. Program strategis ini bernama “NTB Bersih dan Berkelanjutan” dimana program ini meliputi Zero Waste atau nol sampah, taman asri dan hutan lestari yang diharapkan mampu menciptakan kesejukan serta mendukung pola hidup sehat masyarakat.

Harus diketahui juga bahwa program – program strategis itu berdasar dari pemikiran yang sederhana dari Zull – Rohmi sejak janji kampanye saat pencalonannya. Sebagaimana misi besarnya untuk membangun daerah yang benar – benar gemilang, misi ini menjadi komitmennya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2019-2023. Enam misi itu adalah mewujudkan NTB tangguh dan mantap, NTB bersih dan melayani, NTB asri dan lestari, NTB sejahtera dan mandiri, NTB aman dan berkah.

Namun tentunya keberhasilan setiap Program Strategis NTB Gemilang itu juga tak lepas dari dukungan seluruh pihak dari berbagai kalangan elemen, serta unsur – unsur Forkopimda dan jajaran OPD masing – masing bidang. Peran serta masyarakat yang turut andil bergerak untuk membantu pemerintah, menjadikan setiap program mudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Dan bahkan hingga saat ini, Nusa Tenggara Barat pun semakin dikenal Dunia.

nDar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Insan Pers diingatkan tak ikut viral di media sosial

Wed Sep 18 , 2019
GETNEWS.ID – Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo mengingatkan insan pers tidak mengikuti peristiwa yang sedang viral di media sosial agar pembaca tidak meninggalkannya. “Jangan, itu seperti masuk ke habitat musuh yang musuhnya lebih kuat. Media sosial, kenapa musuh? Anda bersaing dengan mereka untuk merebut perhatian publik untuk dapatkan data dan iklan,” […]