Rencana pindah ibu kota, Fahri : Lebih cocok ke pulau reklamasi

GETNEWS.ID – Rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke pulau Kalimantan menurut Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah lebih cocok ke pulau reklamasi di teluk Jakarta dari pada ke Kalimantan, karena tidak sesuai dengan konsep Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara maritim.

“Indonesia adalah negara kepulauan dan negara maritim, di mana luas perairan jauh lebih luas dari pada daratan. Sebagai negara maritim ibukota negara seharusnya di pantai, bukan di pedalaman,” kata Fahri Hamzah kepada wartawan, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Sebagai negara maritim, kata dia, ibu kota negara lebih cocok berada di pulau reklamasi di teluk Jakarta, yang lokasinya masih dekat DKI Jakarta. “Seperti halnya ibu kota negara Malaysia, di pindahkan dari Kuala Lumpur ke Putra Jaya yang hanya berjarak 36 km.

Fahri juga mengingatkan, bahwa ibu kota negara adalah jantung dari sebuah negara yang memiliki semua fasilitas dan akses dari seluruh daerah ke ibu kota negara.

“Daerah yang dipilih jadi ibu kota negara, harus memenuhi semua persyaratan sebagai ibu kota negara, baik keamanan, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan sebagainya,” jelasnya.

Apalagi membangun sebuah kota di Indonesia, kata dia, harus didasarkan pada aturan perundang-undangan yang harus disetujui oleh semua atau mayoritas fraksi di DPR RI. “Karena itu, rencana pemindahan ibukota harus disiapkan secara serius dan dilakukan kajian matang, serta mendapat dukungan dari semua pihak,” katanya.

Menurut Fahri, kalau ibu kota negara dipindahkan ke pedalaman Kalimantan, ada apa? “Di pedalaman Kalimantan juga jauh dari partai dan jauh dari pelabuhan laut,” katanya.

Fahri juga mengingatkan, untuk memindahkan ibu kota negara harus dikaji, berapa luas lahan yang dibutuhkan, apa saja gedung dan infrastruktur yang dibangun, serta berapa anggaran yang di butuhkan. “Semuanya harus dilakukan kajian,” katanya.

sumber : Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Have similarities, East Java and Slovakia cooperate on industrial revolution

Thu Aug 1 , 2019
GETNEWS.ID – The East Java Provincial Government wants to cooperate with the Slovak Government with regard to the preparation of human resources to tackle the changes in the industrial revolution. “Why Slovakia? Because both of them (East Java and Slovakia) have similarities, especially those in the industrial center which is […]