Brigjen Rochadi resmi pimpin satuan elit Koopsus TNI

GETNEWS.ID – Brigadir Jenderal TNI Rochadi dilantik sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Koopsus), suatu Badan Pelaksana Pusat Markas Besar TNI yang merupakan gabungan pasukan khusus ketiga matra TNI. Pembinaan kemampuan personel dalam keseharian tetap berada di ketiga matra TNI. 

Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, bersamaan dengan upacara peresmian Komando Operasi Khusus TNI , di lapangan Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, Rochadi menjabat sebagai Direktur A Badan Intelijen Strategis TNI.

Bersamaan dengan upacara itu, dilaksanakan pula pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan pakta integritas, sekaligus penyematan baret Komandan Koopsus TNI serta penandatanganan Naskah Peresmian Kesatuan oleh Panglima TNI, disaksikan Kepala Pembinaan Hukum TNI, Mayor Jenderal TNI Joko Purnomo dan Komandan POM TNI, Mayor Jenderal TNI Dedy Iswanto.

Koopsus adalah pasukan elite yang dibentuk untuk tugas penanggulangan terorisme yang berasal dari ketiga matra yang memiliki kualifikasi melakukan berbagai jenis operasi khusus.

Operasi khusus yang dilakukan Koopsus TNI mencakup operasi yang berkaitan dengan penanggulangan terorisme, baik di dalam maupun luar negeri.

Pasukan Koopsus beranggotakan inti satu kompi, sedangkan dengan seluruh pendukung, termasuk surveilans untuk peran intelijen berjumlah 400 orang.

Secara struktural, Koopsus dibentuk dalam satu wadah Badan Pelaksana Pusat Markas Besar TNI memiliki jalur komando langsung di bawah panglima TNI yang sewaktu-waktu bisa ditugaskan atas perintah presiden.

sumber : Antara / Dispenad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Luar biasa, Koramil Seteluk kerahkan seluruh anggota lakukan ini

Wed Jul 31 , 2019
TNInspirasi – Komandan Ramil 1628-03/Seteluk Kapten Inf I Nyoman Mandi tak tanggung-tanggung saat laksanakan kerja bhakti untuk bantu warga lakukan pengecoran lantai dua Masjid Nurul Ikhlas di Desa Aisuning Kecamatan Seteluk Kab. Sumbawa Barat, mengerahkan seluruh anggotanya, Rabu (31/07). Pembangunan Masjid yang berukuran 15 x 10 meter merupakan dana swadaya […]