Koramil Donggo gandeng Pertamina, BPBD dan PUPR Bima distribusikan air bersih

GETNEWS.ID, Bima – Koramil 1608-05/Donggo bekerjasama dengan PT. Pertamina Cabang Bima, BPBD dan Dinas PUPR Kabupaten Bima melaksanakan pendistribusian air bersih dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di Dusun Ndanondere Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Senin (22/7).

Menurut Danramil Donggo Lettu Inf Mahdin, pembagian air bersih tersebut dilakukan berdasarkan pantauan di lokasi yang minim air bersih.

“Pantauan kami masyarakat dibeberapa dusun memang kekurangan air bersih, apalagi di musim kemarau seperti saat ini,” ungkapnya..

“Pembagian air bersih ini sudah dilakukan mulai tanggal 19 Juli kemarin. Alhamdulillah ini yang ketiga kalinya pembagian air bersih akibat minimnya debit air dibeberapa tempat sumber air,” jelasnya.

Sementera Dandim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra disela-sela kesibukannya membenarkan kondisi yang dialami masyarakat Desa Bajo yang kekurangan air bersih.

Dijelaskannya, salah satu penyebab minimnya air bersih karena menurunnya debit air pada sumber mata air yang biasa digunakan tempat mengambil air bersih. “Ini salah satu penyebabnya selain musim kemarau juga karena kondisi hutan sudah tidak berfungsi lagi akibat penebangan pohon secara liar ataupun peralihan fungsi hutan sebagai lahan pertanian dan ladang oleh masyarakat,” ujar Dandim.

Untuk itu, sambungnya, pihaknya sudah memberikan instruksi kepada seluruh Koramil agar melakukan pengecekan dan pendataan ulang desa-desa yang membutuhkan air bersih sehingga bisa dikoordinasikan dengan pemerintah daerah terutama dinas terkait dalam penanganannya.

Selain itu, Dandim Alumni Akmil 1999 tersebut menghimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian alam terutama hutan dan tidak melakukan penebangan pohon secara liar mengingat fungsi hutan sebagai penyedia sumber air, penghasil oksigen dan pengedali bencana sehingga wilayah tidak mudah dilanda kekeringan seperti yang dialami sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Indonesia-Timor Leste sign agreement to complete land border issues

Tue Jul 23 , 2019
“I say that all land boundary negotiations are in principle complete. Next, we will continue the maritime boundary negotiations” GETNEWS.ID, Jakarta – Indonesia’s Coordinating Minister for Political, Legal and Security Affairs Wiranto and Minister of Planning and Strategic Investment of the Democratic Republic of Timor Leste¬†Xanana Gusmao signed an agreement […]