Persatuan Insinyur Indonesia Sukses Gelar Muscab Perdana di KSB

TALIWANG, KSB – Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang merupakan satu-satunya organisasi profesi keinsinyuran sebagaImana tertuang dalam UU No. 11. Tahun 2014 tentang Keinsiyuran. Dan diimplementasikan dalam PP No 25/2019. Menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) Ke-1 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Rabu (08/09)

Muscab yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa KSB tersebut dihadiri para Insinyur di KSB yang memenuhi syarat keanggotaan PII. Setidaknya ada puluhan orang mengisi absensi kehadiran dalam Muscab tersebut.

Muscab dihadiri langsung Pengurus Pusat PII, Ir. Hadi Santoso, ST, MM, IPM, yang berfungsi sebagai Korwil Bali-Nusra, dan bertindak sebagai inisiator pembentukan Pengurus Cabang PII KSB.

Munurut Hadi, kegiatan Muscab tersebut sesuai instruksi Ketum PP PII, Dr. Ir. Heru Dewanto, M. Sc (Eng), IPU, agar setiap Kabupaten segera didorong terbentuknya kepengurusan PII yang legal.

“Pengurus Cabang dan Wilayah yang legal harus segara dibentuk guna pelaksanaan PP Nomor 25/2019, yang menegaskan bahwa setiap insinyur yang akan melakukan praktik Keinsinyuran wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) yang dikeluarkan oleh PII,” ujar Hadi dalam pengantar Muscab.

Dalam Muscab yang berlangsung singkat tersebut, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus Cabang PII KSB Periode 2019-2022, Ir. Trisman, ST, M.P, IPM

“Inilah ciri khas engineer, tidak bertele-tele, praktis-taktis, tapi sangat produktif. Jadi inilah Muscab engineer. Hal seperti ini harus terus kita pertahankan. Lebih banyak aksi daripada Orasi,” ujar Trisman.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketum KNPI KSB itu, berjanji akan segera menyusun kepengurusan PC PII KSB secara lengkap. Termasuk menghadap dan minta Bupati-Wakil Bupati serta para pejabat teras Pemkab untuk menjadi pembina PC PII KSB.

“PII adalah organisasi besar, resmi dan satu-satunya organisasi profesi insinyur yang dijamin undang-undang. Berfungsi sangat strategis guna meningkatkan kompetensi SDM di daerah ini. Karena itu, PC PII KSB harus bersinergi dengan Pemda,” tandas Trisman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DRS H. A. Latief Madjid SH : Mari Jaga Kondusifitas Daerah Ini Pasca Pemilu

Rab Mei 8 , 2019
SUMBAWA BESAR – Salah satu tokoh Sumbawa yang juga mantan Bupati Sumbawa dua periode DRS H. A. Latief Madjid SH, berharap kepada masyarakat kabupaten sumbawa untuk tetap menjaga daerah tercinta ini, TANA SAMAWA, dalam suasana yang aman dan kondusif. terlebih, pasca pemilu serentak yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu, […]