Dalam Rangka Bulan Kontrasepsi Sedunia, Pemkab Lobar Gelar Pelayanan KB Gratis

Lombok Barat – Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia yang puncaknya diperingati 26 September 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Lombok Barat berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Lombok Barat menyelenggarakan pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) secara gratis di Halaman Kantor Camat Kuripan, Kamis (03/09/2020).

Dalam rangkaian Bulan Kontrasepsi Sedunia, sejak tanggal 18 Agustus sampai dengan 19 September 2020, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melaksanakan Pelayanan KB Gratis selama 3 hari berturut turut yaitu tanggal 3, 4 dan 5 September 2020 secara serentak di wilayah Lombok Barat.

DP2KBP3A Kabupaten Lombok Barat berkerja sama dengan Dinas Kesehatan serta jajarannya, terus melakukan koordinasi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk KB. Kebijakan ini diambil untuk menunjang program Keluarga Berencana yang terus digalakkan demi mewujudkan Keluarga yang berkualitas.

Pelayanan ini sendiri dilaksanakan di Kantor Camat Kuripan sekaligus dalam rangka Roadshow Hari Kesatuan Gerak PKK Propinsi yang dilaksanakan dilokasi yang sama.

Peluncuran pelayanan MKJP tersebut dihadiri Ketua TP PKK Provinsi NTB, Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Lombok Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Lobar, IDI Lobar serta Para Kader PKK.

Dalam kesempatan itu, Ibu Ketua TP PKK Propinsi NTB, Hj. Niken Zulkieflimansyah melakukan kunjungan pada pelayanan KB Implant dan IUD di Mobil Pelayanan. Hj. Niken juga memberikan motivasi kepada akseptor untuk tidak ragu dalam menggunakan alat kontrasepsi, agar dapat mengatur jarak kehamilan dan jumlah anak, serta membina keluarga dengan berkualitas dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Harapannya semua calon akseptor MKJP dapat terlayani dengan baik di seluruh fasilitas kesehatan Kabupaten Lombok Barat, terutama saat pelayanan gratis pada tanggal 3,4,5 September 2020. “Saya harap pelayanan MKJP ini bisa mengajak banyak ibu-ibu di NTB, khususnya di Lombok Barat untuk ber-KB, Berencana itu keren, dua anak sehat,” tambahnya.

Pelayanan MKJP sendiri meliputi pemasangan susuk (implan) dan IUD (spiral) yang akan dipasangkan tenaga medis kepada keluarga yang ingin melaksanakan KB.

Sementara itu, Target yang ditetapkan untuk pelayanan Hari Kontrasepsi Sedunia yaitu 250.000 Akseptor MKJP untuk tingkat nasional. Sementara untuk Lombok Barat sendiri ditargetkan sebanyak 801 Akseptor MKJP (150 IUD dan 651 Implant). Dan ditargetkan hari itu pelayanan di Kantor Camat Kuripan sebanyak 20 Akseptor, dan tercapai sebanyak 17 akseptor.

Sedangkan secara keseluruhan tingkat Kabupaten Lombok Barat berdasarkan laporan sudah mencapai 54% sampai tanggal 2 September 2020 (tidak termasuk pelayanan tanggal 3). Hj. Niken menyambut baik kegiatan pelayanan KB MKJP gratis ini. “MKJP adalah solusi masyarakat untuk tidak selalu bolak balik sebulan sekali ke Puskesmas untuk ber-KB. Metode ini bisa dilakukan dalam 4 bahkan 5 tahun sekali,” tuturnya. “Kami akan sampaikan kepada Kabupaten/Kota, sehingga seluruh masyarakat terutama PUS di NTB bisa ikut berpartisipasi dan menyambut baik kegiatan ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pemkab Lobar besama Pelaku Wisata Gelar Giat Bersih-bersih di Senggigi

Tue Sep 8 , 2020
Lombok Barat – Tidak kurang dari 300 orang melakukan gotong royong bersih- bersih di sekitar jalan raya Senggigi, Sabtu (5/9/2020). Pemerintah Lombok Barat bersama para pelaku wisata, lembaga masyarakat dan peduli lingkungan membersihkan sampah yang berserakan. Kegiatan bersih- bersih itu dilakukan untuk menjamin rasa aman bagi masyarakat dan dunia bahwa […]