Kampung Sehat Kawal Adaptasi Kebiasaan Baru Masyarakat Produktif Ditengah Pandemi Covid-19.

Lombok Tengah – Dusun Kelanjuh Lauk, Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah merupakan salah satu dusun yang mewakili Desa Barebali dalam mengikuti Lomba Kampung Sehat kata kepala desa Barebali Lalu Ali Junaidi.

Penunjukan Dusun Kelanjuh lauk ini tidak terlepas dari kerja keras masyarakat yang bertahan dan semakin produktif ditengah pandemi Covid-19 Seperti Lalu Wahyudi, salah satu warga Dusun Kelanjuh yang memiliki usaha peternakan ayam petelur yang dikelolanya sendiri.

Dalam usaha peternakan ayam petelur, Wahyudi mendapati omset 7 juta rupiah / bulan, dengan jumlah ayam sebanyak 500 ekor. Telur-telur tersebut dijualnya langsung ke Pasar Barebali serta kios-kios yang bekerjasama dengannya.

“Allhamdulillah, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, hasil dari peternakan telur bisa mencukupi kebutuhan dapur,” kata Wahyudi.

Selain peternakan ayam petelur, Wahyudi juga memiliki usaha eskrim yang dikelola bersama istrinya, usaha eskrim sendiri memiliki 8 karyawan dengan omset penjualan 5 juta rupiah / bulan.

Dari bidang kesehatan, dusun Kelanjuh Lauk ini nol positif atau reaktif Covid-19, nol angka kematian ibu dan nol angka kematian bayi. Itu semua karena warga memiliki kesadaran yang tinggi serta tunduk dan patuh menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Di luar rumah, mereka menggunakan masker, disepanjang jalan kita sediakan ember tempat cuci tangan dan dimasjid atau tempat umum lainnya kita tempelkan himbauan protokol kesehatan,” kata kepala desa.

Dari orang tua, remaja dan anak-anak semua terlihat kompak untuk untuk saling bantu, saling mengingatkan dalam menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ditengah pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Polres Lobar Bekuk Satu Orang Tersangka Narkoba di Wilayah Batulayar

Sat Aug 15 , 2020
Lombok Barat – Pada hari Jumat tanggal 14 Agustus 2020 Pkl. 00.00 wita anggota Opsnal Sat Resnarkoba yang dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Lombok Barat IPTU Faesal Afrihadi, SH melakukan penangkapan terhadap 1 orang tersangka BH alias Bahar karena duga memiliki, menyimpan dan menguasai narkotika jenis sabu sebnyak 6 poket […]