Peringatan Hut RI Ke-75, Pemprov NTB Akan meriahkan Dengan Launching Produk Lokal

Mataram – Guna menyambut HUT RI ke-75 dalam situasi pandemi covid-19, Pemprov NTB gelar persiapan upacara 17 Agustus dengan mengutamakan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran covid-19, (14/8).

Adapun persiapan bertempat di ruang rapat halaman kantor gubernur NTB dan di hadiri oleh Karo Humas Pemprov NTB, paskibrata, TNI, Polri, awak media serta stake holder terkait.

Sementara Karo Humas Pemprov NTB Najumidin Amy, S. Sos.menjelaskan dengan adanya himbauan dari Presiden RI pada tanggal 14 Agustus untuk menerapkan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 dalam memperingati HUT RI ke-75.

Disisi lain, Najaumin beri ucapan terimakasih kepada awak media atas pemberitaan positif yang disampaikan kepada masyarakat guna mencegah terjadi keresaan masyarakat terhadap informasi Hoax.

“Lebih lanjut dengan adanya peringatan HUT RI ke-75, Pemprov NTB menyiapkan 6 anak NTB yang bertugas dalam upacara 17 Agustus 2020, namun dengan adanya wabah virus tersebut disiapkan untuk kenaikan bendera RI dalam upacara 3 orang, dan saat penurunan Bendara RI 3 orang,” Tegas Najamudin.

Dalam giat upacara 17 Agustus nantinya, Gubernur NTB akan memberikan suatu yang istimewa dengan selalu menggunakan produk lokal NTB berupa lounching Sepeda motor listrik, Mahadesa, Alat Rapites buatan NTB, Marketplis Aplikasi Mall, dan adanya Lapas baru bertempat di kuripan Lombok Barat.

“Selnajutnya dalam upacara 17 Agustus nantinya, penurunan bendera bertempat di lapangan Gubernur, dan seluruh giat upacara akan dilakukan diseruh istansi dengan cara menerapkan protokol kesehatan,” Tandas Karo Humas

Untuk peringatan Detik-detik proklamasi akan digelar dengan vicon langsung melalui istana negara RI yang diikuti langsung oleh gubernur, wakil gubernur dan 11 peserta lainnya.

Sementara itu, Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Hj. Nuryanti SE.,ME menilai bahwa musibah pandemi Covid-19 telah memberikan berkah tersendiri kepada UKM dan IKM di NTB. Meskipun telah menimbulkan berbagai dampak negatif, pandemi Covid-19 disebutnya telah memberikan pembelajaran berarti kepada usaha-usaha kecil di NTB untuk tetap bertahan dan meningkatkan produktivitasnya.

“Kalau pada kondisi normal akan sulit kita memulai menggeliatkan dan membangkitkan kepercayaan diri IKM-IKM untuk berproduksi lebih baik dan mengembalikan kepercayaan diri masyarakat NTB,” ungkapnya.

Menyambut peringatan HUT RI yang mengangkat tema Bangga Buatan Indonesia, Yanti kemudian mengajak masyarakat NTB agar membela dan membeli produk lokal buatan NTB.

“Bahwa dengan mencintai, beli dan gunakan produk lokal, itu bagian dari upaya kita bersama membangun ekonomi NTB ditengah keterpurukan yang bertubi-tubi melanda,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yanti mengatakan bahwa pada tanggal 17 Agustus mendatang, akan ada pameran 500 alat dan mesin buatan NTB. Sementara untuk target kedepannya, tepatnya hingga bulan Desember mendatang berjumlah 1.650 mesin bahkan lebih. Sedangkan, jenis mesin sebanyak 115 item.

Menurutnya, peranan industrialisasi permesinan begitu krusial dikarenakan industri lain seperti industri olahan akan sangat diuntungkan dengan hadirnya mesin-mesin. Dengan hal ini pula, UKM dan IKM NTB pasca JPS Gemilang diharapkan dapat terus meningkatkan produktivitasnya.

“Sehingga kita berharap setelah JPS Gemilang, UKM/IKM tidak kehilangan pasar. Dengan intervensi mesin, UKM/IKM juga bisa meningkatkan produksi-produksinya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Gubernur NTB Apresiasi Program KUR dari BRI

Fri Aug 14 , 2020
Mataram – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc Menghadiri pengundian Grand Prize Hadiah BRI Simpedes, sekaligus penyerahan secara simbolis dukungan Bank BRI ke pengusaha home industri dan pelaku UMKM berupa KUR dan penunjang kegiatan usaha di Rumah BUMN BRI KC. Mataram Jumat 14 Agustus 2020. Acara diawali dengan pengundian […]