Dukung program Zero Waste, Desa Batulayar Barat gelar aksi bersih pantai

GETNEWS.ID, Batulayar – Ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat bersama Babinsa dan Babinmaspol serta warga masyarakat Desa Batulayar Barat Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat melakukan aksi bersih-bersih sampah di kawasan pantai Desa Batulayar Barat. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai dan laut serta turut mendukung program Zero Waste Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bersih-bersih sampah ini diikuti Staf Kantor Camat Batulayar, Anggota Babinsa Koramil 1606-07/Gunungsari, Babinmaspol, Forum Muda Batulayar, Green Valley Community, Lombok Ocean Care, Siswa SDN 2 Batulayar serta warga masyarakat sekitar. Kegiatan ini digelar di sekitar pantai Batulayar, Lombok Barat, Jumat (13/3). Aksi ini dimulai pukul 07.00 WITA.

“Kita melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan sampah di pantai ini selain mendukung program Zero Waste Pemprov NTB juga untuk menumbuhkan kembali semangat dan jiwa gotong royong masyarakat yang sudah menjadi jiwa bangsa Indonesia,” ungkap Camat Batulayar Syahrudin, ST.

Ia menambahkan, bersih-bersih sampah di pantai ini dilatarbelakangi banyaknya sampah yang ada di laut dan pantainya. Apalagi Batulayar memiliki pantai yang indah serta panjang. Padahal banyak aktivitas masyarakat yang dilaksanakan di laut. 

Akhir-akhir ini kita lihat sudah banyak sampah di laut, makanya kita mengajak masyarakat sama-sama bersih-bersih pantai,” jelasnya.

Sementara secara terpisah Dandim 1606/Lobar Kolonel Czi Efrijon Kroll mengapresiasi aksi bersih-bersih sampah tersebut dan mengajak masyarakat Batulayar membersihkan pantai dan peduli dengan kebersihan pantai dan laut. Karena dengan pantai yang bersih seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang. Dalam jangka panjang, kalau pantai dan lautnya bersih, kata dia, generasi yang akan datang pasti akan lebih baik.

Aksi bersih sampah ini dilakukan dengan menyusuri pantai Batulayar sejauh kurang lebih 500 meter diawali dari Pantai Batubolong Griya hingga Pantai Batubolong Duduk Desa Batulayar Barat. Dari kegiatan itu, berhasil dikumpulkan kurang lebih satu truk sampah yang didominasi sampah plastik. 

“Didominasi sampah plastik seperti sedotan, kantong plastik, dan plastik bekas minuman,” ungkap Babinsa Koramil Gunungsari Serda Parhan Taufik.

Berkaca dari banyaknya sampah yang didapatkan, Camat Batulayar kembali mengingatkan masyarakat untuk peduli kepada kebersihan pantai dan laut. Dia mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. 

“Kita dukung program Pemprov NTB dan Bupati Lombok Barat untuk mengurangi penggunaan plastik. Memang tidak bisa serta merta. Tapi kita kurangi sedikit demi sedikit,” pungkasnya.

Karyanto, salah seorang anggota Forum Muda Batulayar yang mengikuti aksi bersih sampah di pantai, mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan tersebut. Sebab dia bisa berpartisipasi membersihkan sampah khususnya yang ada di pantai dan laut. 

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan agar Lingkungan kita lestari,” ujarnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kabupaten Sumbawa Launching layanan 'Halo Bidan'

Fri Mar 13 , 2020
GETNEWS.ID, Sumbawa – Bupati Sumbawa secara resmi melaunching layanan Halo Bidan, Jum’at (13/03) di sekretariat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sumbawa. Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Sumbawa diwakili Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Kadis Dikes, Ketua dan Anggata IDI Kabupaten Sumbawa. Ketua IDI Kabupaten Sumbawa Hj. Nur Atika dalam […]